Lantik 3.645 Mahasiswa Baru, Untuk Kedua Kalinya PKKMB Unpas Digelar Secara Virtual di Masa Pandemi

- 3 Oktober 2021, 09:15 WIB
Rektor Unpa Melantik 3.645 Mahasiswa Baru pada acara PKKM Unpas 2021  di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Sabtu 2 Oktober 2021.
Rektor Unpa Melantik 3.645 Mahasiswa Baru pada acara PKKM Unpas 2021 di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Sabtu 2 Oktober 2021. /Humas Unpas

GALAMEDIA - Di tengah pandemi Covid-19 untuk kedua kalinya, Universitas Pasundan menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring via Zoom dan luring di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Sabtu 2 Oktober 2021.

Unpas menyambut 3.645 mahasiswa baru yang tersebar di 7 fakultas dan program pascasarjana. Jumlah tersebut termasuk 3 mahasiswa asing asal Polandia dan Malaysia, serta 19 penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Mengusung tema 'Akselerasi Kebangkitan di Masa Pandemi', mahasiswa baru Unpas diharapkan mampu bangkit dan turut serta dalam percepatan pemulihan pandemi. Bukan hanya aspek pendidikan, namun juga ekonomi, kesehatan, dan dimensi lainnya yang menjadi modal dasar untuk meningkatkan kualitas bangsa.

Baca Juga: Juz Amma: Surat At Takatsur, Berikut Asbabun Nuzul, Arab, Latin, dan Terjemahnya

Rangkaian PKKMB diawali dengan prosesi Sidang Senat Terbuka, sambutan pimpinan senat, pelantikan mahasiswa baru, talk show selayang pandang Unpas, dan sosialisasi Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM).

"Selain prosesi dan pelantikan mahasiswa baru yang berlangsung hari ini, rangkaian PKKMB Unpas juga akan dimeriahkan dengan webinar Green Entrepreneurship, webinar bela negara, mendorong kesadaran kolektif untuk melaksanakan vaksinasi dan mencapai herd immunity, serta mengadakan kegiatan kemanusiaan dan memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang terdampak pandemi," terang Ketua Pelaksana PKKMB Unpas 2021, Dr. H. Deden Ramdan, M.Si dikutip Galamedia dari laman unpas.ac.id, Minggu 3 Oktober 2021.

Baca Juga: Ini Arti Asmaul Husna: Al Wakil, Al Qowiy, Al Matin, Cukup Allah Sebagai Penolong Kita

Dalam pidatonya, Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU menekankan, PKKMB merupakan gerbang awal proses adaptasi belajar di perguruan tinggi. Mahasiswa baru dituntut untuk mampu memanfaatkan waktu dan mencari faktor-faktor yang menunjang pembelajaran.

"Pelaksanaan PKKMB berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kepada dosen maupun mahasiswa lama yang tergabung dalam lembaga kemahasiswaan baik di tingkat prodi, fakultas, dan UKM, bimbinglah adik-adik kalian untuk mengenal kampus walaupun masih terhalang suasana pandemi," ujarnya.

Sesuai surat edaran Ditjen Dikti, Rektor juga menyinggung soal Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang rencananya akan dimulai pertengahan Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x