HUT TNI ke-76, Ketua Komisi I DPRD Jabar: Jangan Lupakan Jasa para Pahlawan Bangsa

- 5 Oktober 2021, 10:48 WIB
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman /Rio Ryzki Batee

GALAMEDIA - Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman berharap peringatan HUT TNI ke 76 tahun 2021 ini, dapat menjadi momentum untuk mengingat kembali jasa para Pahlawan yang telah berjuang demi NKRI.

"Jangan pernah melupakan jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mari kita warisi semangat perjuangannya dalam menjaga keutuhan NKRI," ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut, di Kota Bandung, Selasa 5 Oktober 2021.

Dikutip dari berbagai sumber, lima hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada 22 Agustus 1945, pemerintah membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai wadah perjuangan.

Baca Juga: Cemari Sungai Cilamaya, Wagub Uu Ruzhanul Hentikan Operasional Pabrik Tepung Tapioka di Karawang

Seiring dengan ancaman yang semakin meningkat, pada 5 Oktober 1945, BKR kemudian diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Jawa Barat membentuk Komandemen-I TKR yang membawahkan 3 divisi. Divisi-I meliputi Keresidenan Banten dan Bogor (bermarkas di Serang), Divisi-II meliputi Keresidenan Jakarta dan Cirebon (bermarkas di Linggarjati), dan Divisi-III meliputi Keresidenan Priangan (bermarkas di Bandung).

Tanggal 20 Mei 1946, ketiga divisi tersebut disatukan menjadi "Divisi Siliwangi" dan bermarkas di Tasikmalaya.

Baca Juga: Ini Outfit dan Pesona Yuni Shara saat Hadiri Acara Ashanty, Masih Seperti Remaja

Nama Siliwangi terus dipertahankan, walaupun nama kesatuan berubah menjadi Tentara & Teritorium (T & T) III Siliwangi, 24 Juli 1950.

Kemudian menjadi Kodam VI/Siliwangi, 24 Oktober 1959 dan menjadi Kodam III/Siliwangi, 2 Februari 1985. Momentum pemilihan nama "Siliwangi" pertama kali, 20 Mei menjadi hari jadi Kodam III/Siliwangi.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x