Bukan Prabowo Subianto, Anies, Ganjar dan Sandiaga Uno Jadi Bidikan Nasdem Untuk Diusung di Pilpres 2024

- 7 Oktober 2021, 22:06 WIB
Menteri Pariwistata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.
Menteri Pariwistata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. /Kemenparekraf/

 

GALAMEDIA - Bukan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno jadi bidikan Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk dicalonkan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua DPP Partai NasDem Saan Mustopa saat menanggapi hasil survei SMRC.

"Kalau nama yang ada, semua NasDem pertimbangkan. Misalnya Anies Baswedan, Ganjar, Sandi, dan lain-lain, itu sebenarnya masuk dalam pertimbangan NasDem," ujar Saan dalam diskusi secara virtual, Kamis, 7 Oktober 2021.

Namun untuk saat ini, lanjut dia, fokus utama NasDem untuk membangun koalisi untuk Pemilu 2024.

NasDem menyadari tak bisa mengusung calon sendiri karena terbentur syarat presidential threshold atau ambang batas presiden.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 8 Oktober 2021: Pegang Proyek Buwana Corps, Dewa Terus Diteror oleh Kevin

Dalam UU Pemilu, syarat mencalonkan presiden alias presidential threshold ialah partai atau gabungan partai memiliki 20 persen suara nasional atau 25 persen kursi parlemen.

"NasDem juga menyadari pemilu 2024 itu menggunakan threshold hasil Pemilu 2019 lalu. NasDem 10,4 persen, tentu enggak cukup karena syarat yang diajukan dalam UU Pemilu kan 20 persen," ujarnya.

"Menyadari posisi itu maka yang dilakukan NasDem hari ini adalah bagaimana membangun komunikasi dengan partai lain agar mencukupi syarat pencalonan presiden," kata Saan menambahkan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x