Tol Cibitung-Cilincing Dijual, Waskita Klaim Untung Rp520 Miliar dan Utang Berkurang Rp5,8 Triliun

- 13 Oktober 2021, 07:39 WIB
Tol Cibitung-CiIincing.
Tol Cibitung-CiIincing. /Dok. Kementerian PU/

GALAMEDIA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau Waskita melalui Anak Usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) telah melepas seluruh kepemilikan sahamnya (divestasi) di PT Cibitung Tanjung Priok Tollways (PT CTP) selaku Badan Usaha Jalan Tol Pemegang konsesi ruas tol Cibitung – Cilincing beberapa waktu lalu.

Dari penjualan tol Cibitung-Cilincing, Waskita mengklaim bakal memperoleh keuntungan Rp520 miliar dan pengurangan utang sebesar Rp5,8 triliun.

“Waskita akan memperoleh keuntungan Rp520 milyar dan pengurangan utang Rp5,8 triliun akibat efek dekonsolidasi. Di luar nilai investasi Waskita, terdapat juga Kredit Investasi Perbankan dan akumulasi utang lainya yang secara tidak langsung akan beralih ke pemilik baru”, kata Corporate Secretary Perseroan, Ratna Ningrum seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Arti Asmaul Husna: Al Alim, Al Qoobidh, Al Baasith, Berharap Allah Melapangkan Hati, Meluaskan Rezeki

Ratna menjelaskan, pada awal Oktober 2021, WTR telah menandatangani kesepakatan bersama PT API dengan melepas seluruh kepemilikan sahamnya pada ruas tol Cibitung – Cilincing sehingga kepemilikan saham PT API pada PT CTP menjadi sebesar 100 persen.

Pada tahun 2021, di tengah kondisi perekonomian global yang menurun dan berbagai macam ketidakpastian di masa pandemi. Hingga akhir September 2021 PT Waskita Toll Road telah berhasil mendivestasi 3 (tiga) Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Nilai totalnya sebesar Rp4,4 triliun atau Rp 2,1 triliun di atas nilai buku senilai Rp2,3 triliun.

Baca Juga: Teranyar! Kode Redeem FF 13 Oktober 2021: Dapatkan Bundle Spesial, Ratusan Diamond dan Lainnya

Ketiga BUJT yang telah berhasil didivestasi tersebut adalah PT Jasamarga Kualanamu Tol, PT Jasamarga Semarang Batang, dan PT Cinere Serpong Jaya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x