Lansia Terkendala Datang Ke Sentra Vaksin, Pemprov Jabar Kerahkan Bidan Desa

- 18 Oktober 2021, 19:25 WIB
Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan COVID-19 Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil.
Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan COVID-19 Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil. /

GALAMEDIA - Masyarakat terus didorong untuk memanfaatkan program vaksinasi covid-19. Hal ini untuk mengejar target 37 juta warga Jabar divaksin hingga herd immunity bisa terbentuk di akhir tahun nanti.

Salah satu yang kini sedang dikejar targetnya adalah vaksinasi terhadap kelompok lansia.

"Ada yang juga kita butuhkan selain capaian vaksinasi untuk meningkatkan level dari tiga ke dua karena kita juga harus menggenjot pelaksanaan vaksinasi pada lansia. Lansia ini yang masih perlu kita dorong," ujar Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan COVID-19 Jabar sekaligus Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Diakui Atalia, salah satu hal yang menjadi kendala vaksinasi lansia adalah masalah akses. Dimana banyak kelompok lansia yang kesulitan untuk datang ke tempat-tempat sentra vaksinasi yang tersedia.

Baca Juga: Kejar Target Vaksinasi, Ini Skema yang Dilakukan Pemkab Bandung Barat

Oleh karena itu, Pemprov Jabar, mendorong vaksinasi di tempat praktik bidan desa yang jumlahnya ribuan. Dengan begitu warga tak perlu jauh-jauh datang ke sentra vaksinasi.

"Sehingga saya tadi saya sampaikan bidan desa ini akan menjadi salah satu solusi bisa kita ambil. Saya membayangkan di Jabar ini ada 9.500 bidan desa yang sudah terlatih. Jadi kalau kita bayangkan bahwa yang sudah siap adalah 6.000 sampai 9.000, kalau itu bisa masuk ke wilayah-wilayah terjauh jadi tidak di sentra vaksin saja akan lebih banyak masyarakat yang terfasilitasi," jelas Atalia.

Pemprov Jabar juga mendorong vaksinasi di daerah yang masih rendah capaiannya. Sebab, capaian rendah ini akan berpengaruh pada Level kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarata (PPKM).***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x