Indonesia Kini Alami Keterpurukan, Akademisi dan Pakar Politik Ini Sepakat Sosok Ini Mampu Selamatkan Negara

- 22 Oktober 2021, 20:06 WIB
Ilustrasi krisis multi dimensi.
Ilustrasi krisis multi dimensi. /Stefan Keller

 

GALAMEDIA - Indonesia tengah mengalami multikrisis. Tak hanya masalah ekonomi saja. Tapi, persoalan hukum yang masih tajam ke bawah dan tumpul ke atas, dan problem sosial serta budaya.

Untuk itu, dibutuhkan pemimpin yang kredibel, berintegritas, dan memiliki prestasi serta pengalaman panjang dalam melakukan perubahan.

Menurut Akademisi dari Universitas Paramadina, Herdi Sahrasad, figur yang tepat untuk memegang kepemimpinan nasional guna membangkitkan kembali Indonesia dari keterpurukan adalah begawan ekonomi DR. Rizal Ramli.

"Saya melihat Rizal Ramli seorang negarawan, transformer dan problem solver dalam mengatasi keterpurukan ekonomi dan krisis multidimensi guna membangun kembali dan memajukan Indonesia," ujar Herdi Sahrasad, Jumat, 22 Oktober 2021.

Memang, Herdi mengakui, bahwa nama Rizal Ramli sangat jarang dimunculkan dalam berbagai survei capres untuk Pilpres 2024.

Baca Juga: Innalillahi wa innaillahi rojiun, Boediono Sampaikan Kabar Duka: Turut Berduka Atas Wafatnya Nabiel Makarim

Hal itu, menurut Herdi, lantaran mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu tak disukai oligarki yang ditengarai menjadi pendana beberapa lembaga survei.

"Jadi, masyarakat jangan sampai terkecoh melihat nama-nama figur yang kerap muncul di survei capres. Karena, kalau kita lihat secara jeli, nama-nama itu saja yang selalu dimunculkan. Bisa jadi survei itu sudah didesign sesuai keinginan pemesan," ungkap Herdi.

Sementara itu, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) DR Jerry Massie, mengatakan, figur pemimpin yang bermodalkan pencitraan hanya membawa Indonesia masuk ke jurang krisis yang lebih dalam lagi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x