Menohok, Respons Yusril Ihza Mahendra Soal Omongan Menag Yaqut 'Kemenag Hadiah untuk NU'

- 25 Oktober 2021, 21:10 WIB
Yusril Ihza Mahendra Komentari Ucapan Menag Yaqut Cholil 'Kemenag Hadiah Negara untuk NU' Bikin Gaduh.
Yusril Ihza Mahendra Komentari Ucapan Menag Yaqut Cholil 'Kemenag Hadiah Negara untuk NU' Bikin Gaduh. /Dok.Partai Bulan Bintang

GALAMEDIA - Ahli hukum tata negara yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra ikut berkomentar terkait kontroversi pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau akrab dengan sapaan Gus Yaqut soal Kemenag hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU).

Yusril Ihza Mahendra mulanya membeberkan sejarah berdirinya Kemenag seperti dituangkan dalam laman resmi Kemenag.

Menurut Yusril, apa yang ditulis dalam laman tersebut mendekati dengan apa yang sebenarnya terjadi pada pendirian Kemenag.

"Saya tunjukkan link Sejarah Kementerian Agama di web Kementerian Agama sendiri. Apa yang ditulis di situ, hemat saya mendekati kebenaran sejarah pembentukan Kementerian Agama," kata Yusril melalui Twitter Senin, 25 Oktober 2021.

Baca Juga: Rocky Gerung Minta Jokowi Tanggung Jawab Soal Pernyataan Gus Yaqut: Nanti Di-Reshuffle

Dia beranggapan bahwa ucapan Menag Yaqut yang kini menjadi polemik di tengah masyarakat justru membuat gaduh dan tidak ada manfaatnya bagi umat Islam dan organisasi manapun.

"Ucapan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tentang Kemenag bukan "hadiah" kepada umat Islam pada umumnya, tetapi hadiah khusus untuk NU hanya bikin gaduh saja. Ucapan seperti itu tidak ada manfaatnya bagi kemaslahatan umat Islam dari ormas manapun juga," jelas Yusril.

Mantan Mensesneg itu melanjutkan bahwa jika meminjam istilah zaman Orde Baru, pernyataan Yaqut dapat mengganggu kerukunan internal umat beragama.

Padahal kata dia, salah satu tugas Kemenag adalah menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama itu sendiri.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x