Kualitas Audio Bisa Jadi Tantangan Industri Penyiaran

- 29 Oktober 2021, 16:59 WIB
urnalis senior, Aiman Witjaksono menekankan pentingnya kualitas audio yang prima yang menjadi bagian tak terpisahkan pada proses produksi pada pencarian berita secara langsung, sebuah elemen bisnis utama pada industri penyiaran.
urnalis senior, Aiman Witjaksono menekankan pentingnya kualitas audio yang prima yang menjadi bagian tak terpisahkan pada proses produksi pada pencarian berita secara langsung, sebuah elemen bisnis utama pada industri penyiaran. /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

GALAMEDIA - Industri penyiaran, termasuk di dalamnya kegiatan pencarian dan produksi berita, serta produksi film, konten digital dan penyiaran event secara langsung (live) sangat bergantung teknologi audio-video yang mampu menghantarkan produk akhir dengan kualitas prima.

Bagaimana pun juga, proses produksi yang dijalani dalam bidang ini tidaklah selalu mudah untuk dilakukan.

Dengan adanya keterbatasan dalam kemampuan operasional di beberapa alat dan perangkat, terutama saat kamera harus senantiasa bergerak ke berbagai arah dengan jarak yang cukup jauh dari ruang kendali, membuat proses audio capture menjadi lebih menantang.

Tim produksi di lapangan juga dihadapkan dengan berbagai tantangan lain, di mana output audio yang dihasilkan tidak memberikan hasil yang optimal yang disebabkan suara latar yang cukup kencang, serta sinyal yang lemah atau hilang dari transmisi frekuensi.

Baca Juga: Selamat! Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez Sedang Menunggu Kelahiran Anak Kembar

Di samping itu, dengan membawa peralatan yang cukup berat dan banyak membuat proses produksi tersebut semakin sulit.

Jurnalis senior, Aiman Witjaksono menekankan pentingnya kualitas audio yang prima yang menjadi bagian tak terpisahkan pada proses produksi pada pencarian berita secara langsung, sebuah elemen bisnis utama pada industri penyiaran.

"Sering kali di lapangan kami harus menghadapi tantangan yang kita tidak bisa kendalikan. Alur kerja yang berjalan serba cepat yang menuntut kita untuk bergerak ke berbagai arah, serta suara latar yang cukup kencang merupakan beberapa kesulitan yang kami hadapi. Tentu saja tantangan ini akan mempengaruhi output berita yang kami hasilkan," ungkapnya pada Diskusi Virtual terkait teknologi yang mendukung solusi nirkabel jarak jauh, Kamis, 28 Oktober 2021.

Menurutnya sebagai pekerja profesional, pihaknya harus bisa mengelola pekerjaan untuk mendapatkan tidak hanya visual yang jelas, namun juga audio berkualitas baik untuk memastikan kejelasan pesan yang ingin disampaikan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x