Terlalu! Banyak Aset Pemkot Cimahi yang Diduga Diklaim Milik Pribadi

- 31 Oktober 2021, 21:19 WIB
Ilustrasi lahan di Kota Cimahi.
Ilustrasi lahan di Kota Cimahi. /Laksmi Sri Sundari/

GALAMEDIA - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, Barkah Setiawan akan mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Aset, untuk menyelamatkan dan melindungi aset milik Pemerintah (Pemkot) Cimahi.

Sebab menurutnya masih banyak aset Pemkot Cimahi yang belum terdata, atau diklaim sebagai aset milik pribadi.

Barkah mengatakan, pihaknya tidak ingin permasalahan lahan Pemkot Cimahi yang dibeli oleh Pemkot Cimahi terulang kembali.

Seperti permasalahan yang dihadapi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN Pemkot Cimahi yang terjerat kasus pidana korupsi pengadaan lahan pemakaman Covid-19 di TPU Lebaksaat, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. Mereka membeli tanah, yang ternyata milik Pemkot Cimahi.

Baca Juga: Persebaya Surabaya Ramaikan Papan Atas Klasemen Liga 1, Bekuk Persiraja Banda Aceh 2 Gol Tanpa Balas

"Katanya aset itu sudah jadi milik Kota Cimahi, tapi tidak rercatat di aset. Nah ini yang jadi masalah, harusnya bagian aset juga sudah tahu, mana aset yang dibeli oleh Pemkot Cimahi, mana aset peninggalan Kabupaten Bandung, dan mana aset yang dihibahkan Provinsi," ujar dia.

"Ini harus sudah tercantum dan tercatat dalam pembukuan yang jelas Sehingga jika sudah ada itu, tidak mungkin ada kesalahan Pemkot Cimahi membeli tanah Pemkot Cimahi. Ini hal yang sangat lalai sebetulnya, perlu pembenahan," tegas Barkah, Ahad, 31 Oktober 2021.

Melihat hal tersebut, pihaknya akan mengusulkan pansus aset. Apalagi tidak sedikit aset milik Pemkot Cimahi yang diklaim oleh perseorangan.

"Jangan sampai aset-aset milik Pemkot Cimahi tercecer. Ada ngga aset yang kini dimiliki perorangan ? Ada, jangan salah. Ada aset yang masih dimiliki si A, diakui oleh si B, si C. Ada ruslah, misalnya mohon maaf kalau tidak salah di Padasuka, ruslahnya di luar Kota Cimahi. Ini juga kan perlu pembenahan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x