Hal Ini yang Bisa Merubah Level PPKM, Ridwan Kamil Minta Kota/Kabupaten Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes

- 4 November 2021, 10:30 WIB
Foto ilustrasi: Kota Bogor berada di PPKM level 2
Foto ilustrasi: Kota Bogor berada di PPKM level 2 /Instagram/@bogorpisan

GALAMEDIA - Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 57/2021, disebutkan penentuan kriteria penetapan Level Wilayah PPKM adalah berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Namun, seperti dikutip Galamedia dari laman covid19.go.id, Kamis, 4 Oktober 2021 terdapat juga kriteria capaian target vaksinasi lansia. Misal untuk bisa mengubah PPKM Level 3 menjadi Level 2 di Kabupaten/Kota, harus memenuhi syarat capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 50% dan pada lansia di atas usia 60 tahun minimal sebesar 40%.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Pernikahan Pertama, Sherina Munaf dan Baskara Mahendra Kompak Bagikan Potret Bersama

Sedangkan untuk mengubah PPKM Level 2 menjadi Level 1 syaratnya adalah memiliki capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 70% dan vaksinasi dosis 1 pada lansia mencapai minimal sebesar 60%.

Di Jawa Barat rata-rata kota/kabupaten berada pada PPKM lebel 2 dan 3. Kendar demikian kondisi saat ini di lapangan, khususnya di perkotaan sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Oleh sebab itu, diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kemacetan lalu lintas di kawasan aglomerasi perlu disikapi pemda kabupaten/kota dengan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Baca Juga: SBY Mengidap Kanker, DPRD DKI Jakarta: Masyarakat Rindu Kepemimpinan dan Perjuangannya

Diketahui kawasan aglomerasi Bandung Raya (Kota/Kab Bandung – Cimahi – Bandung Barat) dan Bodebek (Bogor – Depok – Bekasi) belakangan suasana kotanya semakin ramai. Hal itu membawa kekhawatiran banyak pihak terutama epidemiolog memperingatkan kedatangan gelombang ketiga Covid-19.

Menurut Ridwan Kamil, kemacetan adalah konsekuensi peningkatan mobilitas masyarakat akibat pelonggaran PPKM. Transisi keadaan dari pendemi ke endemi terus berjalan bertahap.

Namun tetap pergerakan orang perlu dipantau secara epidemiologis sehingga pandemi Covid-19 tetap terkendali.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x