Dari Produksi 270 Ton, Kota Cimahi Hanya Boleh Kirim Sampah Sebanyak 200 Ton per Hari ke TPPAS Legok Nangka

- 4 November 2021, 18:30 WIB
Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah Regional Legok Nangka.
Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah Regional Legok Nangka. /Portal Bandung Timur/hp.siswanti/

GALAMEDIA - Jumlah tonase sampah yang akan dibuang dari Kota Cimahi ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir sampah (TPPAS) Regional Legok Nangka, Kabupaten Bandung disepakati sebanyak 200 ton per hari.

Sementara jumlah sampah yang dihasilkan setiap harinya mencapai 270 ton. Sehingga Pemkot Cimahi sedang mencari upaya lain untuk pembuangan sisa sampah yang tidak terangkut ke TPPAS Legok Nangka.

"Minggu lalu Pemkot Cimahi melaksanakan penandatanganan atau MoU tentang rencana pembuangan sampah di TPPAS Legok Nangka di daerah Nagreg, Kabupaten Bandung, dimana kemarin Bandung Raya ditambah Kabupaten Garut telah menandatangi kesepakatan kerjasama, semuanya nanti akan membuang sampah ke Legok Nangka," ungkap Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Kamis, 4 November 2021.

Seperti diketahui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama enam kepala daerah di Bandung Raya dan Garut menandatangani naskah perubahan perjanjian kerja sama pengelolaan TPPAS Regional Legok Nangka di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu, 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Anak Aa Umbara, Andri Wibawa Divonis Bebas dari Tuntutan 5 Tahun Penjara di Kasus Bansos Covid-19

Hadir dalam penandatanganan dari Bandung Raya Wali Kota Bandung Oded M Danial, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Sementara Sumedang dan Garut diwakili tanpa mempengaruhi keabsahan kerja sama.

Menurut Ngatiyana, dalam MoU tersebut Kota Cimahi sepakat membuang sampah ke TPPAS Legok Nangka sebanyak 200 ton per hari.

"Cimahi mendaptkan kesempatan membuang per hari 200 ton, karena di Cimahi tau sendiri situasi lahan tidak ada, sedang di kita 270 ton per hari harus dibuang. Kita diberikan alokasi 200 ton pembuangan ke Legok Nangka," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x