Gali Potensi Generasi Muda Lewat Student Company

- 6 November 2021, 20:33 WIB
Program Student Company 2021
Program Student Company 2021 /

GALAMEDIA - Generasi muda usia 15-24 tahun memiliki risiko menganggur tiga kali lebih besar dibandingkan yang berusia 25 tahun ke atas. Hal tersebut berdasarkan hasil Survei International Labour Organization Tahun 2020.

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa, di Indonesia tingkat pengangguran terbuka (TPT) tertinggi tahun ini kembali berada pada kelompok usia 15-24 tahun, sebesar 19,55%. Kelompok muda ini tercatat terus menempati posisi puncak selama satu dekade terakhir.

Melihat kondisi tersebut, Prestasi Junior Indonesia didukung Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) tetap konsistem mengembangkan konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC).

Program yang sudah berjalan sejak 12 tahun ini, telah menfasilitasi 13.358 pelajar SMA/SMK. Pada implementasi tahun ini, sebanyak 549 pelajar dari 9 kota/kabupaten di Indonesia ditantang membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya.

Baca Juga: Wapres Berharap Panglima TNI Baru Lanjutkan Bangun Kondusivitas Papua

Tim terbaik akan dipilih untuk mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik tahun depan. Selama empat tahun terakhir, pengusaha muda Indonesia telah berprestasi gemilang dengan masuk ke dalam jajaran tiga besar bisnis terbaik se-Asia Pasifik.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Asep Sukmayadi, M.Si., mengatakan, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh Prestasi Junior Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari peran masyarakat untuk bersama menanamkan karakter kemandirian sebagai Pelajar Pancasila khususnya kepada peserta didik SMA/SMK.

"Kewirausahaan mampu melatih pelajar untuk berpikir kritis dan kreatif guna mengatasi problematika di tengah masyarakat," ujar Asep dalam penutupan rangkaian program SC 2021, Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021 yang digelar secara daring, Sabtu (6/11).

Progam kewirausahaan juga, ungkap Asep, merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan potensi talenta muda Indonesia. Karena itulah, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung konsistensi PJI dan mitra-mitra perusahaan dalam melanjutkan Program Student Company dan kompetisi ISCC 2021.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x