Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November, Pertempuran Terberat Rakyat Indonesia Melawan Penjajah

- 9 November 2021, 12:20 WIB
Kumpulan Ucapan Selamat Hari Pahlawan 2021 pada 10 November, Cocok Dijadikan Story Media Sosial
Kumpulan Ucapan Selamat Hari Pahlawan 2021 pada 10 November, Cocok Dijadikan Story Media Sosial /Rubrik Pena/freepik.com/freepik

GALAMEDIA - Hari Pahlawan ditetapkan untuk memperingati perjuangan para pahlawan yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah pada 10 November 1945 di Surabaya.

Peristiwa 10 November 1945 menjadi pertempuran terberat sekaligus terbesar melawan kolonialisme dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia.

Dilansir Galamedia  dari situs resmi Kemensos.go.id, Selasa  9 November 2021, setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, penggantinya, Mayor Jenderal Robert Mansergh mengeluarkan ultimatum.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Sebut Penyakit Tak Konsisten, Susi Pudjiastuti 'Acungkan Jari': Bisakah Jadi Konsisten?

Disebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang telah ditentukan.

Mereka diminta menyerahkan diri dengan mengangkat keduan tangan. Batas ultimatum adalah pukul 6.00 pagi pada tanggal 10 November 1945.

Ultimatum tersebut kemudian dianggap sebagai penghinaan bagi para pejuang dan rakyat yang telah membentuk banyak badan perjuangan. Ultimatum pun ditolak karena Republik Indonesia telah berdiri.

Baca Juga: Akui Pencegahan Korupsi Tak Bertaring, Ketua KPK Firli Bahuri Ungkap Banyak Pejabat Sembunyikan Kekayaan

Tentara Keamanan Rakyat (TKR) juga telah dibentuk sebagai pasukan negara. Selain itu, banyak organisasi perjuangan bersenjata yang juga telah dibentuk masyarakat.

Termasuk di kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar yang menentang masuknya kembali pemerintahan Belanda yang memboncengi kehadiran tentara Inggris di Indonesia.

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan. Pasukan sekutu mendapatkan perlawanan dari pasukan dan milisi Indonesia.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x