Ini Komentar Ridwan Kamil Perihal Monumen Covid-19: Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah

- 12 November 2021, 10:21 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi monumen yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan melawan pandemi COVID-19 di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung, Rabu (10/11/2021). (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi monumen yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan melawan pandemi COVID-19 di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung, Rabu (10/11/2021). (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar) /

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi penjelasan perihal monumen Covid-19 yang didedikasikan untuk tenaga kesehatan di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung.

Menurutnya, bangsa ini tidak boleh sekali – sekali melupakan sejarah seperti yang dipesankan Bapak Bangsa Bung Karno.

“Pertanyaannya sederhana apa alasannya menolak perhomatan terhadap pahlawan. Bung Karno bilang jangan sekali-kali melupakan sejarah,” ujar Ridwan Kamil usai menghadiri peringatan HUT ke-10 Nasdem di Grand Mercure, Setiabudi, Kota Bandung, Kamis 11 November 2021.

Baca Juga: Tolak Kedatangan Keluarga Tubagus Joddy ke Rumahnya, Adik Bibi Ardiansyah: Kita Butuh Proses yang Panjang!

Gubernur juga menuturkan bahwa pembangunan monumen tersebut direncanakan sebelum pandemi Covid-19 meski belum ada niatan ditujukan kepada para nakes.

“Kenapa dibangunnya saat Covid-19, kan saya berkali-kali klarifikasi itu bangunan dibangun sebelum Covid-19, sebelumnya tidak didedikasikan untuk pahlawan setelah jadi ya sudah mumpung itu ada momen Covid-19 dan sekarang surut kita dedikasikan,” jelasnya.

Ketika ada yang menolak, Kang Emil menyebutkan nasionalisme kurang dalam menghargai jasa pahlawan. Apalagi bulan November merupakan momen yang tepat untuk kita semua saling memberi penghormatan terhadap jasa pahlawan.

“Bagi mereka yang tidak menghargai pahlawan, rasa kebangsaan dan nasionalismenya patut dipertanyakan,” ungkapnya.

Baca Juga: Penanganan Sampah di Kota Bandung Dipertanyakan, Kinerja DLHK Dinilai Mengecewakan

Salah seorang warga Kota Bandung, Siti Julaekha mengatakan, ia mengapresiasi adanya monumen Covid-19. Apalagi tujuannya untuk menghargai para pahlawan yang berjuang melawan Covid-19.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x