Penanganan Sampah di Kota Bandung Dipertanyakan, Kinerja DLHK Dinilai Mengecewakan

- 12 November 2021, 10:17 WIB
Pengguna jalan melewati sampah yang menumpuk di Jalan Cibaduyut Raya, Kota Bandung, Senin (8/11/2021). Tumpukan sampah tersebut sudah tiga hari tidak diangkut karena truk pengangkut sampah tidak bisa membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti./Darma Legi/Galamedia
Pengguna jalan melewati sampah yang menumpuk di Jalan Cibaduyut Raya, Kota Bandung, Senin (8/11/2021). Tumpukan sampah tersebut sudah tiga hari tidak diangkut karena truk pengangkut sampah tidak bisa membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti./Darma Legi/Galamedia /

GALAMEDIA - Penumpukan sampah sempat terjadi di Kota Bandung akibat berhentinya sementara aktivitas pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat.

Penanganan sampah di Ibu Kota Provinsi Jabar ini pun dipertanyakan. Bahkan sejumlah pihak menilai kinerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung mengecewakan.

"Saya sebagai warga Kota Bandung merasa kecewa dengan kinerja DLHK dalam penanganan sampah di Kota Bandung," ujar Kabiro Investigasi Manggala Garuda Putih (MGP), Agus Satria, Jumat, 12 November 2021.

Baca Juga: Jokowi Hari Ini Jajal Langsung Sirkuit Mandalika Pakai Motor Balap

Baca Juga: Dunia Hiburan Tanah Air Kembali Berduka, Pemeran Film Jelangkung dan Extravaganza Tutup Usia

Sebagai warga Kota Bandung, kata Agus, ia awalnya menanamkan satu harapan dengan adanya peralihan masalah kebersihan termasuk penanganan sampah dari PD Kebersihan kepada DLHK Kota Bandung.

Awalnya ia berharap penanganan sampah akan menjadi lebih baik. "Namun yang terjadi sekarang malah berbalik lebih buruk," katanya.

Masalah itu, ujar dia, menjadi sorotan dari MGP. Bahkan Agus menyebut penanganan sampah menjadi masalah serius karena berkaitan dengan lingkungan dan hajat hidup orang banyak.

"Yang terjadi sekarang malah banyaknya tumpukan sampah yang tidak ada tindak lanjut dari Pemerintah Kota Bandung khususnya DLHK. Seharusnya pemerintah/DLHK lebih memprioritaskan masalah sampah yang bertumpuk di setiap ruas jalan yang berdampak langsung terhadap kebersihan dan kesehatan masyarakat Kota Bandung, jangan sampai Bandung menjadi kota lautan sampah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x