Usai Dilantik Presiden Jokowi, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Langsung Soroti Konflik Papua

- 17 November 2021, 19:19 WIB
Jenderal TNI Andika Perkasa saat dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo, Rabu, 17 November 2021.
Jenderal TNI Andika Perkasa saat dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo, Rabu, 17 November 2021. /Puspen TNI/

GALAMEDIA - Usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa langsung menyoroti konflik di Papua.

"Saya akan lakukan evaluasi, lakukan perubahan dalam hal bagaimana kita beraktivitas, bukan hanya di Papua, tapi juga di seluruh wilayah NKRI," kata Andika dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 17 November 2021.

Terkait hal itu, ia menyatakan, sudah punya konsep besar soal pendekatan baru untuk Papua.

Namun hal itu baru akan mengumumkan konsep itu jika evaluasi menyeluruh telah dilakukan.

Ia sedikit membuka bahwa pendekatanya akan dikembalikan ke undang-undang. Andika ingin para prajuritnya bertindak sesuai amanat perundangan.

Baca Juga: Bulan Purnama dan Curah Hujan Tinggi, BMKG Ingatkan Potensi Terjadinya Banjir Rob 18-25 November 2021

"Saya ingin menggunakan peraturan perundangan sehingga jangan sampai kemudian kita ini melakukan tindakan atau mengambil kewenangan orang," ucap Andika.

Konflik antara TNI-Polri dengan Organisaai Papua Merdeka (OPM) terus meningkat sejak April 2021. Korban berjatuhan dari dua pihak dalam kontak senjata di berbagai daerah.

Baca Juga: Lagi Asik Bersih-bersih Pasar Malah Diprotes Mahasiswa, Dedi Mulyadi: Publik Suka yang Praktis Bukan Teoritis

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x