China Ogah Ribut Dengan Negara Manapun, Wang Yi: Siap Kerjasama dengan Semua Negara

- 20 November 2021, 18:26 WIB
Menlu China Wang Yi.
Menlu China Wang Yi. /Reuters/Shubing Wang

GALAMEDIA - China tidak menginginkan konfrontasi atau konflik dengan negara mana pun karena perpecahan akan berujung pada jalan buntu.

"China siap melakukan kerja sama dengan semua negara untuk mendukung nilai-nilai kemanusiaan serta praktik multilateralisme," ujar Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam forum "Global Town Hall 2021" yang digelar secara virtual di Jakarta, Sabtu, 20 November 2021.

Ia mengatakan solidaritas dan kolaborasi sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai macam tantangan global, seperti pandemi COVID-19, pemulihan ekonomi, dan vaksin.

Baca Juga: Mobile Arts for Peace (MAP) : Ekplorasi Pengetahuan, dan Bertukar Pengalaman Lewat Seni Teater

"Kerja sama harus saling menguntungkan meskipun ada negara yang mengutamakan kepentingannya sendiri. Kerja sama harus dilakukan secara positif untuk mencapai keuntungan bersama," kata Wang Yi.

Ia mengungkapkan China terus bekerja sama dengan semua negara dalam rangka memperkuat konektivitas dan keterbukaan maupun mempromosikan inklusivitas.

"Di bawah Presiden Xi Jinping, China akan terus bekerja sama untuk memberikan lebih banyak dorongan pemulihan ekonomi dunia setelah pandemi COVID-19," kata Wang Yi.

China, lanjut dia, tetap berkomitmen untuk mengelola setiap perbedaan dengan dialog.

Baca Juga: Mahfud MD Tak Bisa Larang Anwar Abbas Ngomong Karena Tak Langgar Hukum, Ferdinand: Copot Menkopolhukam!

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x