TNI AU Siap Kerahan 2 Pesawat Cassa untuk Modifikasi Cuaca Guna Kelancaran WSBK di Mandalika

- 22 November 2021, 09:27 WIB
Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika /BRI/

 

GALAMEDIA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan dua pesawat C-212 Cassa Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang untuk melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Yakni dengan menyemaikan garam (NaCl) di wilayah Lombok bagian tenggara, untuk mengendalikan curah hujan yang berada di lokasi ajang internasional World Superbike (WSBK) di Mandalika, Lombok.

Baca Juga: Pandemi Tak Halangi Mahasiswa Unpas untuk Berprestasi, Peduli, dan Bersinergi Melalui Forum Peduli Negeri

"Selama tiga hari, pesawat C-212 Cassa, menaburkan garam, sebanyak 800 kilogram per hari, pada ketinggian 10.000 feet di bagian tenggara Lombok,” ujar Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah S.Sos, Minggu 21 November 2022.

Kadispenau menjelaskan, pelaksanaan TMC bekerjasama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

"Melalui penyemaian garam ini, kita harapkan dapat mengurangi curah hujan di Mandalika, sehingga perhelatan World Superbike dapat terselenggara dengan aman, lancar dan sukses, tanpa gangguan cuaca, " ujarnya.

Baca Juga: One Day One Juzz Jabar Gelar Musyawarah Provinsi II, Ust. Bambang Tri Hardiono Sebagai Ketua Terpilih

Sementata itu, Mayor Pnb Andika Ardyagana, pilot yang menerbangkan pesawat A-2103, menjelaskan, TNI AU dan BRIN sebelumnya telah melakukan observasi pergerakan awan, sehingga dapat ditentukan daerah mana yang perlu dilakukan penyemaian garam.

"Setelah mendapatkan titik koordinat arah angin, kita laksanakan penerbangan sesuai ketinggian awan, sehingga kita dapat melaksanakan penyemaian garam, dan diharapkan percepatan hujan dapat dilakukan," terang Mayor Andika Ardya Gana. ***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x