Longsor Pasirwangi Garut Rusak Beton Jembatan dan Lahan Perkebunan

- 22 November 2021, 19:52 WIB
Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, meninjau Sungai Cipanday yang kini banyak terdapat batu besar dampak dari bencana longsor yang terjadi pada Jumat lalu, Senin 22 Nonember 2021.
Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, meninjau Sungai Cipanday yang kini banyak terdapat batu besar dampak dari bencana longsor yang terjadi pada Jumat lalu, Senin 22 Nonember 2021. //Agus Somantri/

GALAMEDIA - Bencana tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut pada Jumat 19 November 2021 lalu membawa material longsor berupa bongkahan besi yang terbawa hanyut dari Jembatan Cikupakan.

"Sungai Cipanday ini adalah perbatasan Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi dengan Kecamatan Sukaresmi. Ini adalah besi-besi bongkahan yang terbawa hanyut dari jembatan Cikupakan," ujar Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, saat meninjau Sungai Cipanday yang terkena dampak bencana longsor, Senin 22 November 2021.

Menurut Saepul, selain merusak besi yang ada di sekitar jalan Blok Cikupakan, longsor ini juga menghancurkan beton-beton yang ada di sekitar jalan dan jembatan.

Baca Juga: Pak Uu Tekankan Pentingnya Sentuhan Pendidikan Karakter bagi Siswa

Bahkan, saking dahsyatnya longsor yang terjadi di Pasirwangi, terang Saepul, ada material longsor berupa batu besar, dan mendarat di Sungai Cipanday.

"Ini adalah batu bawaan dari longsoran, terbayang dahsyatnya banjir bandang kemarin sampai membawa batu-batu besar ini. Awalnya ini tidak ada batu, tapi sekarang ada batu batu besar yang terbawa dari atas," ucapnya.

Saepul menyebutkan, longsor yang terjadi pada Jumat 19 November 2021 juga menyebabkan sebagian perkebunan dibantaran Sungai Cipanday rusak.

Baca Juga: GILA! Ketua LSM Peras Anggota Polisi Rp2,5 Miliar, Kapolres Metro Jakarta Pusat: Berarti Dia Sudah Sering

Menurutnya, akibat longsor tersebut sekitar dua hektar area sawah dan perkebunan mengalami kerusakan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x