Sebut Jokowi, Luhut Hingga Menkeu Keluhkan Ekonomi Memburuk Gegara Bergantung pada China, Rocky: Ini Gila!

- 23 November 2021, 14:45 WIB
Pengamat Politik Rocky Gerung.
Pengamat Politik Rocky Gerung. /YouTube Rocky Gerung Official

GALAMEDIA - Pengamat politik, Rocky Gerung menyoroti pernyataan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

LBP mengakui ekonomi Indonesia bergantung pada China. Indonesia sendiri tengah dalam tahap pemulihan ekonomi yang sempat merosot akibat pandemi Covid-19.

LBP juga menegaskan kondisi perekonomian China akan berdampak pada nasib ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir Desak Direksi Pertamina Gratiskan Toilet Umum di SPBU, Gus Umar: Kenapa Menteri BUMN Urus Receh?

Jika perekonomian China melambat, maka Indonesia pun akan mengalami hal sama.

Melalui saluran YouTube miliknya, Rocky Gerung menilai pengakuan LBP tersebut menunjukkan kesadaran bahwa perdagangan dengan China sering merugikan Indonesia.

"Sinyal semacam ini yang akhirnya membatalkan seluruh arogansi dari pemerintah ini kan," ujarnya yang dilansir Galamedia dari YouTube Rocky Gerung Official pada Selasa, 23 November 2021.

Baca Juga: Erick Thohir Inginkan Toilet Umum SPBU Digratiskan, Netizen: Duit Miliaran Bikin Bangkrut BUMN!

"Karena memilih untuk proxy dengan China dan gak punya hitungan sebetulnya, secara stragetis apa untungnya?" sambungya.

Rocky juga mengatakan pengakuan LBP menandakan bahwa perdagangan dengan China selama ini sebetulnya lebih banyak merugikan.

"Jadi yaudah sudah terjadi, sehingga Presiden pesimis dengan keadaan, Pak Luhut juga akhirnya mengerti bahwa perdagangan dengan China selama ini sebetulnya lebih banyak merugikan Indonesia dari segi geopolitik terutama, karena persekutuan dengan China sekaligus berarti blok untuk melawan Amerika," terangnya.

Baca Juga: Dilaporkan Luhut, Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti Jalani Pemeriksaan

Dalam video yang sama, Rocky menilai hal tersebut merupakan kesalahan menyusun strategi yang menurutnya sudah disadari Jokowi.

Menurutnya, Jokowi sudah mengeluhkan perekonomian yang memburuk dan daya serap China terhadap ekspor Indonesia juga turun.

Rocky menilai kesalahan tersebut tidak hanya dirasakan Jokowi dan LBP, melainkan juga Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang menunjukkan gelagat sama terkait perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Arteria Dahlan Laporkan Orang yang Memaki Ibunya, Gus Umar: Cengeng, Intropeksi Kebiasaan Anda Maki

Namun, ia dibuat heran dengan sikap Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang justru masih sangat optimis.

"Jadi bagaimana mungkin di dalam kabinet ada 2 psikologi, yang tiga orang menteri utamanya, (dan) Jokowi sendiri, Luhut dan Sri Mulyani pesimis, (tapi) Airlangga optimis, juga beberapa pejabat bank kan optimis, ini memusingkan investor dan dunia usaha untuk mengatur perencanaan tuh," tuturnya.

"Ini gilanya kabinet kita, di dalamnya sendiri berbeda pandangannya, yang satu pesimis, yang satu optimis," tambahnya.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x