Kunjungi Perbatasan Negara Bagian Utara, Mahfud MD: Kami Dapat Masukan untuk Perbaikan-perbaikan

- 24 November 2021, 22:10 WIB
Menkoolhukam Mahfud MD cek perbatasan Natuna.
Menkoolhukam Mahfud MD cek perbatasan Natuna. /Instagram @mahfudmd

  

GALAMEDIA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menghimpun berbagai masukan dan persoalan yang ada di perbatasan negara bagian utara, khususnya perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Banyak yang kami peroleh, pertama tentang situasi di daerah terluar, Alhamdulillah terpelihara, tentu kami dapat masukan untuk perbaikan-perbaikan," ujar Mahfud usai gelar beberapa pertemuan di markas Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer) XXIII, Pulau Sekatung, Rabu, 24 November 2021.

Mahfud yang juga Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) didampingi Menteri dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Kepala BNPP, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Panglima Armada (Pangkoarmada) I, Gubernur Kepri dan Bupati Natuna, menegaskan bahwa sesuai arahan presiden akan terus merawat dan mempertahankan habis-habisan wilayah NKRI.

Baca Juga: Lokasi Sirkuit Formula E Bakal Ditetapkan Presiden Jokowi

Selain itu, di Pulau Laut yang tak jauh dari Pulau Sekatung ini, Mahfud mengendarai sepeda motor, berkeliling menyambangi fasilitas kesehatan masyarakat dan berdialog dengan masyarakat di Kantor Camat Pulau Laut.

"Kami mendapat info tentang pengelolaan, terkait perlunya infrastruktur dan sebagainya untuk ditambah, tapi sekaligus kami dengar dari masyarakat dan koordinasi dengan pemerintah setempat tentang tugas membangun daerah mana yang dilakukan oleh Camat, mana yang dilakukan oleh Bupati, mana yang dilakukan oleh Gubernur, BNPP, atau pemerintah pusat," tutur Mahfud dalam siaran persnya.

Mahfud kembali menegaskan, kehadirannya di perairan Natuna adalah salah satu upaya dalam merealisasikan komitmen Presiden Jokowi, yaitu menghadirkan negara di wilayah terluar atau wilayah terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 25 November 2021: Luluh! Rendy Terima Tawaran Irvan untuk Bantu Penyembuhan Jessica

"Saya bersama Mendagri beserta rombongan hadir disini sebagai pengemban mandat pengelola perbatasan. Natuna ini banyak pulau terluar, bagian dari area yang harus kami kelola dan jaga di BNPP," kata mantan Menteri Pertahanan tersebut.

Dalam kesempatan ini, Mahfud memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Natuna yang menjalankan vaksinasi dengan sangat baik, hingga pelosok sampai Pulau terluar.

"Saya mau ucapkan terima kasih kepada bupati, BNPP, Danlanud, terima kasih sudah melayani kami disini. Terima kasih kepada Pangkogabwilhan I, Pangko Armada Armada I, Bupati, Sekda juga wakil Gubernur sudah ikut dengan kami ke pulau-pulau luar, serta terima kasih kepada TNI dan Polri yang bertugas selama acara berlangsung," tutur Mahfud.

Di perairan Natuna, Mahfud menyempatkan diri mengelilingi Pulau Sekatung dan Pulau Laut serta memantau hasil pembangunan melalui udara.

Baca Juga: BEM Nusantara Apresiasi Polri: Bentuk Kebebasan Berpendapat

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegaskan pemerintah akan terus melakukan penguatan pembangunan, di pulau-pulau terluar Indonesia, termasuk di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

"Prinsipnya kami hadir untuk penguatan pembangunan di sana, penguatan ekonomi, di pulau terluar Kepulauan Riau. Nanti kembali ke Jakarta, kami akan bergerak dengan langkah-langkah lanjutan, untuk kita sampaikan kepada Pak Bupati, perwakilan dari Provinsi, mana yang menjadi bagian dari masing-masing stakeholder, kami akan koordinasikan lintas kementerian dan lembaga," ujar Tito menambahkan.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x