Ketua KPK Firli Bahuri Bakal Dapat Bintang Empat, Purnawirawan TNI AD Protes: Pembinanya Bisa Jadi Sungkan

- 25 November 2021, 16:49 WIB
Ketua KPK, Firli Bahuri.
Ketua KPK, Firli Bahuri. /YouTube KPK RI /

 
GALAMEDIA - Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) mengkritisi usulan pemberian bintang empat bagi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, Kamis, 25 November 2021, mengatakan pembina perwira TNI-Polri adalah Panglima TNI, para Kepala Staf Angkatan, dan Kapolri.

"Para perwira di bawahnya yang bertugas di dalam dan di luar struktur, paling tinggi cukup bintang 3 saja. Kepala BIN juga dulu dijabat pati (perwira tinggi) bintang 3, baru BG (Budi Gunawan) ini yang bintang 4," kata Kiki.

Apabila ada perwira Polri atau TNI yang bertugas di dalam struktur atau di luar struktur, kata dia, maka bisa terjadi pergesekan kepangkatan karena antara bawahan dan pimpinan berpangkat sama.

Kiki menjelaskan, apabila ada perwira Polri atau TNI yang bertugas di dalam struktur atau di luar struktur maka bisa terjadi pergesekan kepangkatan. Sebab, antara bawahan dan pimpinan berpangkat sama.

Baca Juga: Tersangka Pembunuhan Subang Diumumkan Hari Ini? Yosef, Yoris dan Danu Kembali Jalani Pemeriksaan

“Supaya pembinaan oleh Panglima TNI atau Kepala Staf Angkatan atau Kapolri bisa berjalan efektif. Kalau ada bawahan sama-sama bintang 4 dan senior, pembinanya bisa jadi sungkan,” ucap mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat itu.

Mendekati masa pensiun, Ketua KPK Firli Bahuri dinilai layak dapat promosi jadi bintang 4 atau jenderal.

Firli saat ini adalah perwira tinggi atau pati Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal.

Sebelumnya, MAKI mengirim karangan bunga ke kantor KPK di Kuningan, Jakarta Selatan pada 8 November 2021.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X