Ridwan Kamil Dorong Masjid Kembangkan 'Kencleng Digital’

- 27 November 2021, 18:59 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Rakerwil Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Barat di Hotel Sakto, Kota Bandung, Sabtu (27/11/2021).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Rakerwil Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Barat di Hotel Sakto, Kota Bandung, Sabtu (27/11/2021). /

GALAMEDIA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong pengurus masjid mengaplikasikan ‘kencleng digital’ agar infak dan sedekah jemaah semakin besar untuk kesejahteraan masyarakat.

Menurut Gubernur, transformasi digital perlu untuk merespons disrupsi revolusi industri 4.0 yang kini sedang terjadi di Indonesia. Pada era revolusi industri 4.0 ini seluruh aktivitas dilakukan dengan menggunakan digital termasuk dalam bersedekah dan berdakwah.

"Dakwah agama islam itu di mana-mana subtansinya tidak berubah dari sejak zaman Rasul. Yang membedakan caranya. Sekarang caranya sudah serba digital maka dengan digital," ujar Ridwan Kamil dalam acara Rakerwil Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Barat di Hotel Sakto, Kota Bandung, Sabtu, 27 November 2021.

Baca Juga: Usai Ditegur Prabowo, Fadli Zon Kompak Bersama Puan Maharani, Netizen: Jadilah Anak Penurut

Dalam realisasinya, kata Ridwan Kamil dakwah secara digital bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja dalam hal berifak di kotak-kotak amal yang ada di masjid.

Dengan berpindah ke digital maka, infak di masjid-masjid sudah bisa menggunakan handphone saja atau metode pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Caranya, jemaah masjid cukup melakukan scan ke QR Code yang tersedia di masjid tersebut.

"Karena banyak orang-orang yang jarang bawa uang seperti saya tapi ada uangnya di handphone sehingga ngasihnya bisa besar. Itu jumlahnya besar sekali," kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Khusus untuk 'kencleng' digital ini, Ridwan Kamil ingin agar seluruh masjid yang berada di DMI Jawa Barat seratus persen menggunakan metode tersebut. Karena dengan adanya 'kencleng' digital ini, uang infaq yang didapatkan akan jauh lebih besar.

Baca Juga: MENGENASKAN! Seorang Pelajar SMA Tewas Ditusuk 3 Pemuda di Jalan Aceh Bandung, Polisi: Saling Ejek di Jalanan

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x