Penting! UKM Manfaatkan e-Commerce untuk Berusaha saat Pandemi Covid-19, Erwan: Murah, Cepat, dan Untung

- 1 Desember 2021, 16:43 WIB
Wabup Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, mengingatkan pelaku Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Mikro) di Sumedang akan pentingnya menerapkan e-Commerce dan berusaha di tengah pandemi Covid-19. Ade Hadeli/Galamedia//
Wabup Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, mengingatkan pelaku Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Mikro) di Sumedang akan pentingnya menerapkan e-Commerce dan berusaha di tengah pandemi Covid-19. Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Wabup Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, mengingatkan pelaku Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Mikro) di Sumedang akan pentingnya menerapkan e-Commerce dan berusaha di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Wabup, saat membuka acara Pelatihan e-Commerce dalam rangka Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Usaha Mikro serta Kapasitas dan Kompetensi SDM Usaha Mikro di Hotel Amory, Sumedang, Rabu 1 Desember 2021.

Menurutnya, di tengah-tengah pandemi, diperlukan teknologi yang dapat meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran produk UKM. Teknologi dimaksud yakni memanfaatkan e-Commerce.

Baca Juga: Waroeng Steak & Shake Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Sukawening Melalui Waroeng Peduli

Dengan diterapkannya e-Commerce, pelaku UKM dapat melakukan pemasaran dengan jangkauan lebih luas, tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Sebab komunikasi antara pelaku UKM dan konsumen dapat dilakukan dengan internet, sehingga lebih cepat dan murah serta data-data produksi, konsumen dan keuntungan tercatat secara otomatis.

"Disamping itu, mengingat kegiatan berusaha itu dilakukan di tengah pandemi, maka penerapan protokol kesehatan harus diterapkan dengan baik. Usaha tetap jalan, tapi kita juga jangan sampai kendur atau mengabaikan hal yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19," tandas Erwan.

Baca Juga: Rafathar Pakai Outfit Berbanderol Jutaan, Netizen Terpesona: Gantengnya Aa Meresahkan!

Di kesempatan itu Wabup menyebutkan, jika koperasi dan UKM di Sumedang masih tetap survive dan terus berkembang meski dihantam badai pandemi.

Dia berharap melalui pelatihan-pelatihan, koperasi dan UKM di Sumedang semakin menggeliat, siap bersaing dan menjadi percontohan bukan hanya di Jawa Barat tetapi juga secara nasional.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x