Pengamat Nilai Hadi Tjahjanto Cocok Gantikan Moeldoko hingga Tempati 3 Kursi Menteri Ini

- 5 Desember 2021, 10:04 WIB
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. /ANTARA/HO-Pusat Penerangan TNI/

GALAMEDIA - Pakar politik dan hukum Universitas Nasional (UNAS), Saiful Anam menilai mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto berpeluang besar untuk diangkat menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Belakangan, isu reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi memang terus mencuat seiring diangkatnya Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI dan bergabungnya PAN dengan koalisi pemerintahan.

Baca Juga: Laga Everton vs Arsenal Terancam Tagar #27minutesfor27years, Stadion Bakal Kosong Melompong di Menit Ke-28

Saiful memprediksi, Hadi akan dimasukkan Jokowi ke dalam lingkaran istana untuk menggantikan posisi Moeldoko di KSP atau Arifin Tasrif di ESDM.

“Mantan Panglima paling pas menggantikan posisi Moeldoko di KSP. Atau kalau tidak Hadi bisa menggantikan Menteri ESDM saat ini,” ujarnya pada wartawan Minggu, 5 Desember 2021.

Dalam penilaian Saifu, Hadi sangat cocok ditempatkan di berbagai kursi menteri. Di antaranya, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Menteri ESDM, Menteri Perhubungan, atau Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Baca Juga: Tagar #DitanganJokowiRIHancur Trending Nomor 1, Warganet Kritik Jokowi hingga Bahas Ucapan Jusuf Kalla

“Namun saya kira, Hadi bisa jadi diposisikan di manapun, termasuk misalnya Menteri Perhubungan ataupun Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal,” ungkap Saiful.

‘Kemesraan’ dengan Jokowi membuat Hadi tak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan posisi menteri.

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x