Angkut Sampah Lebih Cepat, Jalan Tembus TPA Jalupang Tuntas

- 6 Desember 2021, 16:05 WIB
Bupati Subang H.Ruhimat didampingi Kadis PUPR Subang, H.Syawal saat melepas armada truk sampah menuju TPA Jalupang yang masuk dari jalan provinsi Cipeundeuy-Purwakarta tepatnya depan PT Suai.
Bupati Subang H.Ruhimat didampingi Kadis PUPR Subang, H.Syawal saat melepas armada truk sampah menuju TPA Jalupang yang masuk dari jalan provinsi Cipeundeuy-Purwakarta tepatnya depan PT Suai. /Dally Kardilan/Galamedia/


GALAMEDIA - Jalan baru yang sengaja dibuka oleh Pemkab. Subang menuju tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Jalupang, akhirnya tuntas dan dapat dilintasi armada truk sampah. Secara resmi Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat meresmikan akses jalan di sebrang PT Suai tepatnya di Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Subang, Senin, 6 Desember 2021.

Pembukaan akses jalan ini, menurut Kang Jimat didampingi Kadis PUPR Subang, H. Syawal salah satu bentuk gerak cepat Pemkab Subang terkait permasalahan penumpukan sampah yang terjadi di Subang selama ini pasca direlokasinya TPA Panembong di Kelurahan Parung ke TPA Jalupang.

“Ini semua atas ridho Allah Subhana Wa Taala dan perjuangan dari teman-teman dinas terkait, termasuk Kodim 0605 Subang sehingga jalan yang kita dambakan guna penanganan sampah hari ini resmi dibuka dan dipergunakan, “ujarnya sambil melambaikan tangan ke sopir truk pengangkut sampah yang lewat.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Ayam ala Timur Tengah yang Simpel dan Laziz

Dengan adanya pembukaan jalan baru yang diberi nama Suai-Jalupang akan dapat memberikan manfaat yang besar, serta mampu mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Subang. Termasuk bagi lintasan warga sehingga perekonomian dapat meningkat. “Sengaja kita tanpa ada a seremonial yang penting jalan ini sudah bisa dipergunakan,“ pungkas Kang Jimat.

Kepala Dinas PUPR Subang, H. Syawal menjelaskan, kalau jalan baru yang membuka perkebunan karet di Wantilan ini, sebagai akses jalan truk sampah menuju TPA Jalupang.

Selama ini, atau sejak relokasi TAP Panembong menggunakan jalan Desa Cimayasari dan cukup jauh jarak tempuhnya.

Baca Juga: Doni Salmanan Bagikan Rp2,05 Miliar Untuk Korban Banjir Bandang Garut dan Erupsi Gunung Semeru

“Dengan jalan sepanjang 6,8 Km ini setiap truk yang semula hanya 1 rit menjadi 2 rit, sedangkan jalan selanjutnya menuju TPA Jalupang sudah ada sebelumnya dipersiapkan Dinas LH,“ jelasnya sambil berterima kasih kepada Kades Cipendeuy dan Kades Cimayasari yang selama ini telah mengjinkan truck sampah melalui pemukiman di kedua desa tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x