TERBARU Sekitar Pukul 21.30 WIB, Lava Pijar Gunung Semeru Jadi Tontonan Warga

- 6 Desember 2021, 22:02 WIB
Lava pijar keluar Gunung Semeru saat dipotret dari kawasan Kampung Renteng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (6/12/2021). (ANTARA/Zabur Karuru)
Lava pijar keluar Gunung Semeru saat dipotret dari kawasan Kampung Renteng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (6/12/2021). (ANTARA/Zabur Karuru) /

GALAMEDIA - Gunung Semeru memunculkan lava pijar yang tampak dari Desa Sumberwuluh, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Senin, sekitar pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dari depan Balai Desa Sumberwuluh, lava pijar terlihat jelas dan membuat sebagian warga keluar rumah untuk menyaksikan.

“Iya, keluar dan kelihatan dari sini. Tapi bagi kami memang sudah biasa karena juga beberapa kali muncul lava pijar,” ujar salah seorang warga, Mbah Jaya.

Hingga pukul 21.30 WIB atau berita ini ditulis, lava pijar tetap terlihat dan menjadi tontonan sebagian warga.

Baca Juga: Omicron Diduga Sudah Menyebar di Indonesia, Ketua Satgas IDI Sampaikan Kabar 'Gembira'

Fenomena tersebut juga menjadi sasaran obyek fotografer dari sejumlah media yang bertugas melakukan peliputan terkait meningkatnya aktivitas Gunung Semeru.

Pada Sabtu (4 Desember) sore terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan asap panas dan berdampak pada daerah di sekitar gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut.

Baca Juga: Usai Dapat Penjelasan Jenderal Dudung Abdurachman Soal Pelajari Agama, Sekjen PBNU: Saya Rasa Ini Sangat Baik

Ratusan warga terpaksa harus mengungsi ke berbagai tempat aman untuk menghindari awan panas di gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X