Tan Tjong Boe Sebut Oded Sebagai Sosok Ayah yang Merangkul Seluruh Lapisan dan Golongan

- 17 Desember 2021, 07:35 WIB
 Oded M Danial
Oded M Danial /Humas Pemkot Bandung



GALAMEDIA - Wafatnya Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyisakan duka mendalam dan rasa kehilangan. Tak hanya oleh keluarga tetapi sebagian besar masyarakat terutama mereka yang mengenalnya secara personal.

Pasalnya, Oded atau biasa disebut Mang Oded sudah dianggap sebagai ayah masyarakat Kota Bandung.

Bukan hanya sebagian kelompok, melainkan bagi seluruh lapisan dan berbagai kalangan masyarakat Kota Bandung.

Hal itu diungkapkan seorang Pembina Vihara Tanda Bhakti, Ir. Tan Tjong Boe, Di matanya, Mang Oded dikenal sebagai pribadi yang begitu adil dan bijaksana.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 17 Desember 2021: Roni Kerja Sama dengan Alya-Kevin Hancurkan Ultah Dewa

Tan mengaku selalu mendapat perlakuan baik dan adil. Bahkan bukan hanya kepada dirinya, melainkan rekan-rekannya yang beragama di luar Islam.

"Beliau (Oded) merupakan sosok ayah yang merangkul seluruh lapisan dan golongan masyarakat, baik dari kaum mayoritas maupun minoritas dengan pandangan yang sangat merata," ujar Tan, Selasa 13 Desember 2021.

Sehingga saat mendengar kabar Oded dipanggil Sang Khalik, Tan mengaku sangat terpukul.

Sebab bagi Tan, sosok Mang Oded tak hanya sekedar wali kota, melainkan pemimpin yang betul-betul menghadirkan kerukunan antar umat beragama.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 17 Desember 2021: Hartawan Sempat Tulis Kenapa Dia Kabur Saat Kecelakaan Mama Sophia

"Kami sangat kehilangan sosok luar biasa seperti Mang Oded. Dia betul-betul menciptakan rasa keadilan. Dia menghadirkan Bandung sebagai rumah bersama. Itu yang saya rasakan," ungkapnya.

Menurutnya, banyak kebijakan Oded yang membuatnya terenyuh. Ia menceritakan, ketika terbentuknya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, Oded dengan latar belakang seorang muslim, justru menjadikan Vihara Tanda Bhakti sebagai tuan rumah FKUB.

"Padahal kami termasuk minoritas. Di situlah kami sangat terkesan. Kami sangat merasakan kehangatan Kota Bandung dari cara beliau mengaplikasikannya," katanya.

"Apa yang orang takutkan ketika muncul visi Bandung Agamis dan khawatir hanya berpihak pada sekelompok orang, tapi ternyata tidak, kami diperlakukan secara adil," imbuhnya.

Baca Juga: KKB Bakar Sekolah dan Tembaki Aparat, Wakil Ketua MPR HNW: Harusnya KSAD Tegas Seperti KSAL!

Bahkan saat Indonesia termasuk Kota Bandung dilanda pandemi Covid-19 dan vaksinasi menjadi program prioritas pemerintah untuk percepatan herd immunity atau kekebalan kelompok, Mang Oded tidak pernah mengesampingkan kaum minoritas.

"Saat itu kami belum mendapat jatah vaksin. Beliau bertanya sudah mendapat atau belum? Kemudian saya bilang kami minoritas, sedangkan mayoritas yang sekian banyaknya lebih membutuhkan. Tapi beliau langsung memberi arahan kepada Kadinkes agar kami mendapat vaksin," ungkap Tan.

"Beliau mengungkapkan, bukan masalah sedikit atau banyaknya tapi harus merata dan terfasilitasi dengan baik. Ini yang membuat saya begitu terenyuh bagaimana beliau memberi rasa adil kepada kami," imbuhnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x