Bencana Terjadi di Mana-mana, Mensos Risma Mengaku Kesulitan Mendapat Informasi

- 17 Desember 2021, 17:26 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. /Ahmad asari/Pikiran Rakyat Depok.com

GALAMEDIA - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengatakan kebutuhan yang terkait dengan informasi di lokasi terjadinya bencana alam seringkali sulit untuk dipenuhi akibat banyaknya kendala di lapangan.

“Pada waktu gempa Nusa Tenggara Timur atau letusan Gunung Semeru, itu susah sekali mendapatkan informasi. Di Lumajang, saya lihat posko pengungsi di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, ini kayaknya di lokasi rawan,” kata Risma, dalam konferensi pers Pelatihan Teknis "Manajemen Command Center" yang diikuti di Jakarta, Jumat, 17 Desember 2021.

Risma menuturkan keterbatasan informasi tersebut membuatnya tidak dapat memastikan adanya potensi ancaman lanjutan, sehingga seringkali pihaknya membutuhkan waktu untuk bisa mengambil langkah selanjutnya.

Berbagai bentuk informasi terkait dengan kondisi warga di lapangan, katanya, baru bisa diperoleh setelah adanya komunikasi yang dilakukan dengan sejumlah pihak.

Baca Juga: Kapan Libur Sekolah Semester 1 2021? Simak Ketentuan SE Kemendikbud Ristek Nomor 32 Tahun 2021

Padahal dalam kondisi darurat, dibutuhkan tindakan yang cepat di lapangan. Di mana pasokan informasi yang dibutuhkan tidak hanya cepat, tetapi juga harus akurat.

Hingga akhirnya, pihaknya dapat mengambil keputusan apakah posko pengungsian dapat dipindahkan ke lokasi baru yang lebih aman atau mengikuti situasi kondisi di lapangan.

Guna mendukung informasi di tempat terjadinya bencana dapat terkelola dengan baik dan dapat dimanfaatkan lebih optimal, maka pihaknya membuat sebuah media terintegrasi bernama Command Center untuk menghimpun keterlibatan pihak-pihak yang terkait dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di lapangan.

Menurutnya, dalam penguatan informasi di lapangan, dibutuhkan kerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait, termasuk para pemangku kepentingan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x