Apapun Varian Virusnya, Tamengnya Adalah Protokol Kesehatan

- 19 Desember 2021, 19:41 WIB
Ilustrasi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, pihaknya belajar dari kasus Covid-19 varian Delta dalam menghadapi Omicron.
Ilustrasi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, pihaknya belajar dari kasus Covid-19 varian Delta dalam menghadapi Omicron. /Pixabay/Alexandra_Koch/

GALAMEDIA  - Sudah terdeteksinya varian virus baru penyebab Covid-19, Omicron, membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat waspada. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengaku sudah menyiapkan strategi untuk mencegah penularan varian Omicron ini.

Dikatakannya, kiat-kiat yang disiapkan ialah dengan menyiapkan instrumen penanganan kesehatan yang sama seperti yang dilakukan Jabar saat menangani varian Delta beberapa waktu lalu.

"Dulu Delta terdeteksi di Karawang, menyebar dengan cepat. Oleh karena itu kami belajar dari delta. Per hari ini Jabar sedang menyiapkan semua perlengkapan seperti menghadapi virus Delta," ujar Emil.

Selain itu, stok tabung oksigen diperkuat dan pemerintah menggenjot telusur, tes dan tindak lanjut (3T).

"Jadi tabung oksigen kita cek lagi alhamdulillah ada stok lebih banyak dari Indonesia Pasti Bisa kemudian testing tracing kita tingkatkan lagi. Per hari ini kita sudah tiga kali lipat dari yang standar untuk testing. Tapi apapun ada kelebihannya dari persiapan kita, yaitu waktu delta vaksinnya dikit jadi kekebalannya rendah dan yang meninggal mayoritas di Jabar adalah mereka yang tidak bervaksin," tutur Gubernur.

Baca Juga: Habib Bahar 'Serang' KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, Pengacara Langsung Turun Tangan

Walaupun varian Omicron sudah terdeteksi dari seorang pekerja di pusat karantina Wisma Atlet, Jakarta. Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tetap produktif tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kepada masyarakat mari kita tetap produktif apapun sebenarnya boleh, asalkan prokes aja. Mau judulnya tadi macam-macam nama virusnya jawabannya adalah prokes untuk masyarakat untuk negara adalah gencar dengan 3T. Jadi saya kira itu saja persiapannnya insyaallah jauh lebih siap," katanya.

Baca Juga: Elektabilitas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Anjlok di Akhir 2021, Prabowo Subianto Kian Kokoh di Puncak

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x