WARNING! BMKG Sebut Curah Hujan di Jabar Meningkat Drastis, Gubernur Usulkan Sosialisasi Animasi Rasa Krisis

- 23 Desember 2021, 17:10 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati (ist)
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati (ist) /

 


GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk ikut aktif dalam memberikan informasi tentang bahaya bencana dan informasi yang dibagikan pun harus lebih kreatif, sehingga mudah dipahami masyarakat seperti video animasi.

"Saya usul divisi komunikasi untuk melakukan edukasi dan sosialisasi lewat video animasi dengan rasa krisis. Jadi segala sesuatunya dimulai dulu dari kebahayaan atau kerawanan," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Kamis, 23 Desember 2021.

Usulan tersebut disampaikan langsung Ridwan Kamil kepada Kepala BMKG saat berkunjung ke Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung.

Ia mengatakan saat ini sudah memasuki musim penghujan dan ditambah dengan ancaman fenomena La Nina masih mengintai wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Jabar.

Baca Juga: Ditanya Soal Gosip Adik Bibi Andriansyah Pakai Uang Duka, Jawaban Mayang Buat Netizen Terenyuh: Ini dari Hati

Fenomena La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya.

Efek dari fenomena La Nina menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan bulanan di Pulau Jawa, dengan akumulasi curah hujan bulanan dapat meningkat hingga 70 persen.

La Nina juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, berdasarkan data BMKG hampir semua wilayah di Jabar memasuki musim penghujan. Menurutnya, musim penghujang tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena ada pengaruh La Nina.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x