Targetkan Zero Victim Bencana Alam di Tanah Air, BMKG Ingatkan Pentingnya Peran Ulama

- 28 Desember 2021, 15:51 WIB
 Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG
Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG /BMKG

GALAMEDIA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menilai  ulama memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi umat soal pencegahan dan penanggulangan bencana.

"Hal ini karena pengaruh ulama yang mampu melaksanakan syiar dan berdakwah, sehingga dapat memberikan pemahaman pada umat mengenai mitigasi bencana. Mengingat hampir seluruh wilayah Indonesia adalah daerah rawan bencana," katanya dalam keterangannya, Selasa, 28 Desember 2021.

Ia yakin masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, akan sangat patuh dan taat terhadap para ulama. Terlebih informasi yang disampaikan dikemas dengan nilai-nilai religiusitas.

Menurut Dwikorita sinergit ulama dan umaro (pemerintah) akan semakin memperkuat rencana aksi mitigasi guna menekan risiko akibat bencana alam.

"Bencana alam memang tidak bisa dihindari karena merupakan ketetapan Allah SWT, namun manusia bisa berikhtiar dan bersiap dengan segala kemungkinan untuk mengurangi risikonya," katanya.

Baca Juga: Aksi Tembak-tembakan Terjadi, Pria Bersenjata Terpaksa Ditembak Mati Usai Tewaskan 4 Orang dan Lukai Polisi

Dwikorita optimistis jika semakin banyak kyai, ulama, dan pemuka agama yang menyampaikan literasi kebencanaan kepada masyarakat maka akan semakin mempercepat terwujudnya masyarakat tangguh bencana.

Dengan begitu, target "zero victim" apabila sewaktu-waktu Indonesia dihantam bencana juga bisa tercapai,

"Kesadaran terhadap bencana sangat penting karena dengan meningkatnya pemahaman akan kebencanaan dapat mengurangi dan mengantisipasi dampak risiko bencana," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x