BAROS Bentuk Layanan Prima Kejari Cimahi, Nah Lho Apa Itu?

- 7 Januari 2022, 19:02 WIB
Kejari Cimahi memberikan pelayanan  pengembalian barang bukti bebas ongkos atau yang disingkat Baros
Kejari Cimahi memberikan pelayanan pengembalian barang bukti bebas ongkos atau yang disingkat Baros /Istimewa/

GALAMEDIA - Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi memberikan pelayanan kepada masyarakat, yakni pengembalian barang bukti bebas ongkos atau disingkat Baros kepada pemilik, sesuai dengan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap atau Inkracht.

Kepala Kejari Cimahi, Rosalina Sidabariba mengatakan, inovasi tersebut merupakan salah satu layanan prima Kejari Cimahi untuk memberikan akses kemudahan bagi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan barang bukti  dan barang rampasan.

"Selain itu, dengan adanya layanan Baros dapat membatasi ruang gerak masyarakat, sekaligus bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya, Jumat  7 Januari 2022.

Baca Juga: Habib Bahar Tersandung Kasus Ujaran Kebencian terhadap Pejabat Negara, Begini Penjelasan Polda Jabar

Rosalina menjelaskan, pengembalian barang bukti melalui inovasi Baros dilakukan melalui tiga cara, yakni pengantaran barang bukti ketempat tinggal pemilik yang berhalangan mengambil secara langsung ke Kantor Kejari Cimahi, dengan menghubungi hotline 0812202957000, dengan melampirkan Identitas diri dan foto bukti kepemilikan.

"Cara kedua, pengantaran barang bukti ke tempat tinggal pemilik yang sudah ke Kantor Kejari Cimahi, namun kesulitan untuk membawa barang bukti tersebut," ujarnya.

Cara lainnya, kata Rosalina, Kejari Cimahi telah  bekerja sama dengan Kantor Pos untuk pengiriman barang bukti keluar kota atau diluar Bandung Raya dengan rate atau ongkos kirim jarak yang sudah ditentukan oleh kantor pos.

Baca Juga: MIRIS! Tenaga Pengajar di Ciparay Kabupaten Bandung Diduga Cabuli 3 Santriwati

"Dan biaya bisa dibayar lewat transfer atau COD, semua tanpa biaya, gratis sampai ketempat," tuturnya.

Salah seorang warga yang menikmati layanan antar barang bukti gratis ini adalah Maya Novanti. Ia mengaku sangat senang dan terharu, tidak menyangka sepeda motornya bisa kembali lagi.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x