Marak Joki Karantina Covid-19, Puan Maharani: Sangat Membahayakan Keselamatan Masyarakat

- 7 Januari 2022, 21:50 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani.
Ketua DPR RI, Puan Maharani. /DPR RI/Geraldi

 

GALAMEDIA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memperketat pengawasan terkait joki karantina COVID-19 karena membahayakan keselamatan masyarakat.

“Aktivitas joki karantina sangat membahayakan keselamatan masyarakat. Pengawasan proses karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang baru tiba di Tanah Air harus semakin diperketat,” kata Puan, Jumat, 7 Januari 2022.

Joki karantina merupakan pihak-pihak yang membantu pelaku perjalanan internasional untuk lolos dan tidak menjalani karantina sesuai ketentuan dalam masa pandemi COVID-19.

Puan mencontohkan kasus yang baru saja terjadi adalah terungkapnya joki karantina yang membantu sejumlah Warga Negara (WN) India lepas dari kewajiban menjalani karantina.

Baca Juga: Babak I Persib Unggul Lewat Pinalti, Babak II Kembali Berlangsung: Simak Link Live Streaming Ini

Fenomena lain dari joki karantina ini adalah adanya pihak yang menggantikan peserta selama karantina.

Puan menegaskan kecurangan terhadap proses karantina dapat menyebabkan kasus COVID-19 tidak terdeteksi.

“Padahal karantina ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Jika ada pelaku perjalanan yang positif COVID-19 dan tidak melakukan karantina, tentunya mereka akan menyebarkan virus tanpa terkendali. Ini yang akan membahayakan masyarakat,” kata Puan menegaskan.

Puan memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan, BIN, dan Polri yang bekerja sama untuk menghentikan aksi-aksi joki karantina.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x