WASPADA OMICRON: DKI Jakarta Bersiap Menghadapi Gelombang Ketiga Covid-19

- 10 Januari 2022, 22:28 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. /Pikiran Rakyat/ Amir Faisol/

GALAMEDIA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebutkan jumlah kasus aktif di Jakarta naik sejumlah 281 kasus, sehingga jumlahnya menjadi sebanyak 1.874 orang per Minggu 9 Januari 2022.

Menghadapi fakta tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya lebih siap menghadapi ancaman gelombang ketiga Covid-19 dengan belajar dari gelombang-gelombang sebelumnya.

Kesiapan itu, kata Riza diperlihatkan dengan mempersiapkan tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, obat-obatan, hingga oksigen dan terus diamatinya situasi yang sedang terjadi saat ini, termasuk varian Omicron yang sedang terjadi.

Baca Juga: Dilaporkan Dosen ke KPK Bersama Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming: Kalau Salah, Ya Kami Siap

"DKI sudah mempersiapkan tidak hanya sekarang, tapi tahun lalu juga ada (prediksi) potensi kemungkinan gelombang tiga," katanya di Balai Kota Jakarta, Senin 10 Januari 2022.

Sementara itu, anggota DPRD Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak mengingatkan varian Omicron sebaiknya diwaspadai oleh pemerintah provinsi.

Gilbert berpendapat antisipasi perlu dilakukan walaupun diklaim gejala Omicron tidak seberat varian Delta yang menyebabkan gelombang kedua Covid-19 di pertengahan 2021.

 Baca Juga: Peringati HUT PDIP ke-49, DPC PDIP Garut Bagi-bagi Sembako kepada Lansia dan Dhuafa

Saat itu, kata dia, varian Delta membuat kapasitas rumah sakit penuh dan membuat kesulitan masyarakat.

Angka kasus dengan tren yang naik ini, lanjut Gilbert sebaiknya diwaspadai karena akan kemungkinan menyebar dengan cepat, terlebih Omicron bisa menginfeksi masyarakat yang sudah tervaksinasi.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x