Dukung PTM 100%, SD Darul Hikam Laksanakan Vaksinasi Bagi Pelajar

- 11 Januari 2022, 17:31 WIB
SD Darul Hikam Bandung melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk para pelajar usia 6 sampai 11 tahun.
SD Darul Hikam Bandung melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk para pelajar usia 6 sampai 11 tahun. /Rio Ryzki Batee/Galamedia/
GALAMEDIA - Mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100%, SD Darul Hikam Bandung melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk para pelajar usia 6 sampai 11 tahun.
 
Lebih jauh, kegiatan vaksinasi bagi para siswa tersebut dilaksanakan pada tanggal 11-12 Januari 2022.
 
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Darul Hikam, Tintin Sugianti mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi sendiri, terbagi ke dalam dua kategori. Dimana pada hari yang pertama untuk kelas 1 sampai kelas 3, dengan jumlah siswa sekitar 232 orang.
 
 
Kemudian hari kedua, untuk level kelas 4 sampai kelas 6, jumlahnya sekitar 207 orang. Sehingga totalnya kurang lebih sekitar 441 orang.
 
"Kegiatan vaksinasi siswa Darul Hikam Bandung ini, bekerjasama dengan Secapa AD. Alhamdulillah, semuanya lancar, serta siswa dan orang tua mendukung," ungkapnya disela-sela kegiatan vaksinasi di SD Darul Hikam, Jln. Djuanda, Kota Bandung, Selasa  11 Januari 2022. 
 
Menurutnya dalam pelaksanaan vaksinasi, pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan orang tua siswa-siswi. Sehingga mendukung dan menyetujui bahwa anak-anak usia 6 sampai 11 tahun wajib divaksin, kecuali yang sakit dan lain sebagainya.
 
 
"Kalau pun ada yang perlu dikonsultasikan terkait komorbid, misalkan asma, batuk dan pilek, maka wali kelas harus memberi tahu dulu. Untuk kemudian mereportkan ke pihak Secapa Angkatan Darat terkait prosedurnya," jelasnya. 
 
Setelah itu, dari Secapa Angkatan Darat langsung memberikan arahan, jika dirasa batuk dan pileknya tidak terlalu parah, maka disarankan untuk skirining. Setelah melalui tahapan tersebut, maka selanjutnya akan ditentukan apakah siswa yang bersangkutan bisa atau tidak divaksin. 
 
"Alhamdulillah semuanya sudah kami koordinasikan tentunya, mulai dari surat pemberitahuan, kemudian juga info-info persyaratan dan lain sebainya. Sebagian respon dari orangtua sangat positif terkait terhadap pelaksanaan vaksinasi ini," terangnya. 
 
 
Ia menerangkan bahwa pihaknya tentu mendukung dalam program pemerintah, agar anak-anak Indonesia sehat, kuat dan hebat.
 
"Kemudian dalam kondisi saat ini kita tidak menentu, bahkan virus pun muncul lagi varian baru, tapi kami berharap semoga dengan vaksin ini semua kondisi kesehatan dan kita dilindungi oleh Allah SWT," ucapnya.
 
Sementara itu, Kepala SD Darul Hikam Ruri Sundari mengatakan bahwa sebetulnya para siswa tersebut akan mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas, melalui Intruksi Mendagri yang terbaru.
 
 
"Ini sebetulnya upaya dari kami juga, untuk keamanan siswa dalam menyambut PTMT dan untuk menyikapi pembelajaran wajib pemerintah. Dimana di usia 6 sampai 11 tahun ini adalah saat-saat dimana sekarang lagi digalakan vaksin untuk anak-anak 6 sd 11 tahun," tuturnya. 
 
Selain itu, kegiatan vaksinasi pelajar tersebut, sebagai bentuk ikhtiar pihak sekolah dan upaya untuk mempersiapkan diri, supaya nanti ketika PTMT 100 persen siswa juga dalam kondisi lebih aman dan baik.
 
Kapten CKM Agus Yayat menambahkan bahwa sebagai orang yang dipilih sebagai tenaga kesehatan, vaksinasi ini diprogramkan kepada anak usia anak 6 sampai 11 tahun.
 
 
"Maksud dan tujuannya, untuk menyiapkan anak bangsa, apa yang diprogramkan oleh pemerintah. Yang diturunkan beserta sopir dan ambulan ada 8 orang, dari dokter dan perawat," katanya. 
 
Pihaknya berharap wabah pandemi Covid-19 ini bisa cepat hilang di muka bumi ini, agar kehidupan bisa kembali normal serta sekolah dan beraktivitas seperti biasanya. 
 
Sementara itu, Salah seorang orang tua siswa SD Darul Hikam Bandung, Avanni Indah (41) menuturkan bahwa dirinya merasa senang, bahwa kedua anak-anaknya sudah divaksin.
 
 
Alhamdulillah, cepat ya kalau disini. Selain itu, sudah dikoordinir sama pihak sekolah, jadi saya nggak repot. Kami sekeluarga mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi," tambahnya.***
 

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x