Penggunaan Warna Baju Satpam yang Mirip Polisi Kembali Dikaji, Polri Beberkan Alasannya

- 13 Januari 2022, 10:31 WIB
Polri berencana mengubah warna seragam Satpam.
Polri berencana mengubah warna seragam Satpam. /Antara/

GALAMEDIA - Profesi Satpam atau Satuan Pengamanan yang mengemban pungsi sebagai kepolisian terbatas akan kembali menggunakan seragam dengan warna baru yaitu krem.

Sebelumnya seragam Satpam identik dengan warna biru yang kini berubah menjadi warna coklat mirip dengan polisi. Ketentuan ini sudah diatur melalui Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020.

Seperti yang dilansir Galamedia dari buku pedomansatpam penggantian warna seragam Satpam yang sebelumnya biru menjadi warna coklat yang mirip dengan polisi merujuk pada beleid Perkap 4/2020 yang terdapat sejumlah penyesuaian baru bagi anggota Satpam.

Baca Juga: Seret-seret Habib Bahar, Habib Kribo Jawab Ancaman Mantan Diplomat PBB, Isinya Menohok!

Alasan Polri berencana untuk mengkaji dan mengubah kembali warna dari seragam Satpam menjadi warna krem itu dilakukan karena warna yang saat ini di pakai sedikit membingungkan bagi masyarakat.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan Satpam memerlukan identitas tersendiri dan berbeda dengan Polri sebagai institut yang membinanya sehingga tidak kembali membingungkan masyarakat.

Kepolisian akan memberikan waktu setahun sebagai bahan pengkajian warna dari seragam ini. Kemudian, warna seragam yang baru akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam tepatnya 30 Desember 2022.

Baca Juga: Bikin Bingung Mirip Banget Polisi, Seragam Satpam Akhirnya Ganti Warna

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem. Dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," kata Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu 12 Januari 2022.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x