Bingung Mana Satpam Mana Polisi, Polri Ganti Warna Seragam Satpam Jadi Mirip Polisi India

- 13 Januari 2022, 10:36 WIB
Bikin BINGUNG! Seragam Satpam Bakal Diubah Menjadi Warna Krem
Bikin BINGUNG! Seragam Satpam Bakal Diubah Menjadi Warna Krem /Dok. Situs Asosiasi Profesi Security Indonesia/

GALAMEDIA – Sejak perubahan warna seragam satpam diberlakukan menjadi warna cokelat muda, masyarakat dibuat bingung.

Pasalnya warna seragam satpam tersebut terlalu mirip dengan polisi dan rencananya Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan kembali mengubahnya.

Polri mengungkapkan perubahan warna seragam satpam tersebut didasarkan pada keresahan masyarakat karena terlalu mirip dengan polisi.

Baca Juga: Belum Dapat Tiket dan Jadwal Vaksin Booster? Lakukan Langkah Berikut Ini

Sebenarnya pemilihan warna cokelat untuk seragam satpam ini bukan karena ingin mirip dengan polisi, tetapi karena cokelat adalah warna netral dan identik dengan elemen bumi seperti tanah, kayu, dan batu.

Polri mengakui warna seragam cokelat muda keabuan itu terlalu mirip dengan seragam milik Polri. Untuk itu Polri berencana mengubah warna seragam satpam menjadi krem.

Pergantian warna sebelumnya dilakukan untuk menumbuhkan kebanggaan akan profesi dan  alat untuk pendekatan emosional dengan Polri.

Baca Juga: Ardhito Pramono Ditangkap Gegara Ganja, Negara Islam Ini Justru Melegalkan Asal..

Namun karena warna tersebut membuat masyarakat bingung membedakan mana satpam dan mana polisi akhirnya warna tadi akan diganti.

“Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dengan satpam,” kata Ahmad Ramadhan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas).

Satpam merupakan salah satu profesi baru yang mengemban fungsi sebagai kepolisian terbatas.

Baca Juga: Seret-seret Habib Bahar, Habib Kribo Jawab Ancaman Mantan Diplomat PBB, Isinya Menohok!

Maka dari itu pihak internal kepolisian akan memberikan identitas tersendiri untuk satpam salah satunya dengan mengganti warna seragamnya.

Dikutip Galamedia dari berbagai sumber, diperkirakan nantinya warna seragam satpam krem ini akan mirip dengan polisi di India.

Rencananya perubahan warna seragam satpam menjadi krem ini akan diperlihatkan saat hari ulang tahun satpam ke-42 yang jatuh pada bulan Desember mendatang.

Baca Juga: Natasha Wilona Pamer Potret Terbaru, Warganet Bereaksi: The Queen of Bramasta

Hal tersebut akan diberlakukan setelah proses pengkajian selesai. Nantinya masyarakat akan melihat wajah baru seragam satpam di Indonesia.

“Pada HUT satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” imbuh Ahmad.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x