Deretan Fakta Habib Kribo Usai Dituntut Eks Diplomat PBB karena Menghina Bangsa Arab

- 13 Januari 2022, 13:56 WIB
Habib Kribo saat berbincang dengan Deddy Corbuzier Kamis, 13 Januari 2022.
Habib Kribo saat berbincang dengan Deddy Corbuzier Kamis, 13 Januari 2022. /tangkapan layar youtube Deddy Corbuzier./

GALAMEDIA - Habib Zein Assegaf atau Habib Kribo tengah ramai diberitakan. Mulai dari perdebatannya dengan Haikal Hassan soal kasus Bahar bin Smith hingga ancaman diplomat PBB karena menghina bangsa Arab.

Nama Habib Kribo mulai mencuat setelah diundang di salah satu cara debat di televisi di mana  dirinya menyatakan kontra dengan Bahar bin Smith dan Habib Rizieq Assegaf.

Bahkan dalam argumennya Habib Kribo  menyebut Habib Bahar dan Habib Rizieq merupakan orang-orang radikal.

Baca Juga: Seorang Diri Lawan FPI, Habib Kribo Senggol Habib Rizieq: Satu-satunya Habib Karakternya Seperti Rizieq

Argumennya menuai pro kontra di masyarakat. Lalu apa saja fakta seputar Habib Kribo? Berikut Galamedia rangkum dari berbagai sumber:

1. Perdebatan dengan Haikal Hassan

Bermula ketika Habib Kribo melontarkan pandangannya terkait kasus Habib Bahar yang menghina kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan akhirnya ditangkap.

Ia menyebut Habib Bahar sembrono dan sudah sepantasnya menjalani proses hukum.

Namun Hassan yang mendukung Habib Bahar menyebut kasus ini harusnya melibatkan MUI. Dan jika ada penceramah yang kurang pas dalam bertutur seharusnya tidak langsung ditangkap polisi, tapi diajak bermediasi untuk dialog.

Namun Habib Kribo mengatakan Habib Bahar seharusnya berhenti saja. Hassan pun merespons dengan mengatakan Habib Kribo terlalu kasar.

Baca Juga: Napi Terorisme di Lapas Garut Berikrar Setia pada NKRI

2. Eks diplomat PBB minta Habib Kribo klarifikasi karena hina Bangsa Arab

Tagar tangkap Zein Kribo trending di Twitter setelah muncul video unggahan Habib Kribo yang diduga menghina bangsa Arab.

Dalam video tersebut ia mengatakan  bangsa Arab tidak punya kehormatan jika tidak memiliki Kabah dan bangsa Arab pun tidak pernah melahirkan para ilmuwan.

“Bangsa yang tidak pernah melahirkan intelektual, siapa coba intelektual Islam dari Arab? Tidak ada,” katanya.

Sontak video tersebut mendapat reaksi dari warganet yang mengecam. Dan tak lama setelah video tersebut beredar, mantan diplomat Arab Anis Prince Dache mendesak agar Habib Kribo meminta maaf.

Baca Juga: Habib Kribo Tak Gentar Diperkarakan Lewat Jalur Diplomatik oleh Negara-negara Arab

“Mending keluar klarifikasi dan minta maaf kepada orang Arab daripada ini jadi salah paling besar, yang hebat yang jago dan antidoktrial dia gak mungkin menghina culture lain, budaya lain, ras lain kamu buktiin ke orang idnoesia kalau kamu orang bodoh,” ujar Anis di akun TikTok @princedache.

Ia khawatir permasalahan ini dapat berbuntut panjang dan menjadi perosalan hukum. Bukan lagi di Polda tetapi Kementerian Luar Negeri.

3. Habib Kribo klarifikasi tuduhan penghinaan pada bangsa Arab

Setelah mendengar pernyataan tersebut akhirnya Habib Kribo mengklarifikasi melalui Instagram.

Baca Juga: Kim Woo Bin Comeback! Lewat K-Drama Black Knight di Netflix

“Sikap saya itu untuk merespons Bahar dan Alkafiri, yang menyebut etnis Melayu atau pribumi kalau tidak ada orang Arab menyembah pohon dan tidak berbaju. Ini yang menjadi perhatian saya dan saya ingin katakan bangsa Melayu tidak lebih rendah dari bangsa Arab,” kata Habib Kribo.

Video klarifikasi tersebut justru kembali menuai pro kontra. Hingga kini pernyataan Habib Kribo masih menjadi kontroversi di masyarakat.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x