Gempa Bumi Guncang Banten, Waspada Jika Terjadi Gempa Susulan, Ini Langkah Evakuasi yang Tepat

- 14 Januari 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi Gempa /ANTARA

GALAMEDIA - Telah terjadi gempa bumi berkekuatab 6.7 yang berpusat di Banten dan terasa di beberapa wilayah terdekat.

Menurut penuturan warga di wilayah Kota Bandung, guncangan gempa bumi sangat terasa besar dan cukup lama kisaran 1 menit.

BMKG menegaskan gempa bumi yang baru saja terjadi di Banten terjadi sekitar pukul 16:05 WIB pada hari Jumat 14 Januari 2021, dan BMKG menghimbau tetap waspada takut adanya gempa susulan.

Baca Juga: One Piece: Terkuak! Oda Jelaskan Haki Kru Topi Jerami

Kondisi tektonik Indonesia pada kenyataannya memiliki 16 segmen megathrust yang dapat memicu gempa besar di atas 7 SR. Indonesia juga memiliki banyak sesar aktif yang dapat bergerak sewaktu-waktu. 

Jika terjadi gempa bumi hal yang tepat kita lakukan untuk mengevakuasi diri baiknya kita menerapkan hal-hal dibawah ini seperti yang telah Galamedia kutip dari laman Safety.

1. Jangan Panik

Saat gempa, banyak yang panik dan berebut langsung ingin keluar gedung lewat tangga darurat. Padahal sebenarnya, cara paling tepat adalah tetap duduk tenang di kursi Anda (kecuali, bangunan di sekitar Anda mulai runtuh).

Baca Juga: MENGEJUTKAN! Habib Kribo Akui Ikhlas jika Takdirnya Harus Dibunuh: Gak Takut, Bismillah

Jika Anda berdesak-desakan dengan penghuni atau karyawan lain di tangga darurat saat masih gempa, Anda bisa terjatuh. Sebaiknya, Anda baru keluar dari gedung ketika gempa sudah berhenti. Kuncinya, tetap tenang saat gempa terjadi.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x