Rizal Ramli Minta Penjelasan Jokowi: Siapa yang Bakal Tinggal di Ibu Kota Baru? Beijing Baru?

- 18 Januari 2022, 08:55 WIB
Rizal Ramli Minta Penjelasan Jokowi: Siapa yang Bakal Tinggal di Ibu Kota Baru? Beijing Baru?
Rizal Ramli Minta Penjelasan Jokowi: Siapa yang Bakal Tinggal di Ibu Kota Baru? Beijing Baru? /Kolase dari Instagram @rizalramli.official dan @jokowi

GALAMEDIA – Ekonom Senior, Rizal Ramli atau biasa dikenal RR meminta penjelasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ibu kota negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal yang dimaksud RR adalah, Jokowi harus bisa menjelaskan secara gamblang siapa yang akan menjadi penduduk di IKN baru nantinya.

“Saya mohon maaf, Pakde Jokowi tolong jelaskan siapa yang bakal tinggal di ibu kota baru,” ujarnya melalui kanal Youtube Fadli Zon Official dilansir Galamedia Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: Arteria Minta Kajati Bicara Bahasa Sunda Dipecat, Netizen: Jokowi di Forum Internasional Pake Bahasa Indonesia

RR memaparkan, secara hitung-hitungan ekonomi, akan sulit memindahkan apa yang sudah ada di DKI Jakarta. Bahkan, untuk kalangan bisnis properti besar sekalipun.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian era Gus Dur ini, pengusaha properti akan lebih meraup keuntungan dengan mengelola modal untuk membangun kota-kota baru di Jawa dari pada harus membangun di wilayah IKN.

Baca Juga: Masuk Grup Neraka! Ini Jadwal dan Daftar Seluruh Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita 2022

“Kalau perusahaan real estate besar tidak akan mau main real estate di Kalimantan Timur kecuali dipaksa, karena mereka lebih diuntungkan bikin BSD baru, bikin kota baru di Pulau Jawa,” jelasnya.

Prediksi RR menyebut, hanya perusahaan China yang berani tanam modal di IKN baru untuk membangun kota baru sesuai selera dan kebutuhan rakyat mereka untuk dipindahkan ke Indonesia.

Namun, siapa penduduk di IKN baru masih belum jelas sampai sekarang.

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x