Budayawan Sunda Sentil Arteria Dahlan: Percuma Rakyat Gembar-gembor Toleransi, Wakil Rakyatna Ge Rasis Kitu

- 18 Januari 2022, 14:36 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan
Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan //Humas Polda Kalbar///Humas Polda Kalbar/bekasi.pikiran-rakyat.com

GALAMEDIA - Budayawan Sunda, Budi Dalton mengungkapkan kekesalannya terhadap anggota DPR RI, Arteria Dahlan yang dianggapnya rasis terhadap Suku Sunda.

Hal itu menyusul pernyataan Arteria Dahlan yang meminta Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) dipecat karena berbicara dalambahasa Sunda.

Budi Dalton mengatakan bahwa gembar-gembor toleransi dan persatuan yang digaungkan rakyat menjadi percuma, sebab adanya wakil rakyat yang bersikap rasis.

Baca Juga: GRATIS LINK NONTON LIVE STREAMING Persib Bandung vs Borneo FC, Selasa 18 Januari 2021 Mulai Pukul 18.15 WIB

"Hey, percuma euy rakyat menggembar-gemborkan toleransi dan persatuan, wakil rakyatna ge rasis kitu (wakil rakyatnya juga rasis seperti itu)," kata Budi Dalton, dikutip Galamedia dari unggahan Instagram @artgram, Selasa 18 Januari 2022.

Ia heran dengan sikap Arteria Dahlan yang mempermasalahkan seorang Kajati lantaran menggunakan bahasa Sunda di sebuah rapat.

Padahal menurutnya, terdapat bahasa lain selain Sunda yang seringkali digunakan sebagai istilah dalam sebuah rapat, termasuk bahasa Inggris dan bahasa daerah lainnya.

Baca Juga: Arteria Serang Kajati yang Gunakan Bahasa Sunda di Rapat, Megawati Soekarnoputri Harus Berikan Sanksi

Terlebih, Budi Dalton meyakini bahwa Kajati tersebut tak sepenuhnya menggunakan bahasa sunda ketika memimpin sebuah rapat.

Namun, ia merasa heran lantaran bahasa Sunda malah dijadikan tameng Arteria Dahlan untuk mengkritik Kajati, sementara bahasa lain dibiarkan.

"Tentunya tidak keseluruhan rapat itu berbahasa sunda, saya yakin. Tapi pada saat idiom sunda ini muncul kenapa mesti dikritik, kalo yang berbahasa lain tidak," terangnya.

Lebih lanjut, Budi Dalton juga tak mempermasalahkan apabila Arteria Dahlan memang berniat mengkritik.

Baca Juga: Profil Terbaru dan Kontroversi Arteria Dahlan, Salah Satunya Minta Kajati yang Gunakan Bahasa Sunda Dipecat

Akan tetapi, ia menganggap Arteria Dahlan sudah keterlaluan sebab sampai meminta Kajati diganti karena berbicara bahasa Sunda.

"Lagipula kalo kritik memang tidak apa-apa lah, tapi ini malah minta diganti, jangan-jangan ini mah 'by order'," lanjutnya.

Seperti diketahui, Arteria Dahlan sempat membuat geram publik lantaran meminta Kajati dipecat gara-gara berbicara menggunakan bahasa Sunda saat rapat.

Permintaan itu disampaikan Arteria Dahlan pada Jaksa Agung ST Burhanuddin saat Komisi III DPR RI melakukan rapat kerja bersama Kejaksaan Agung pada Senin, 17 Januari 2022.

Baca Juga: Ria Ricis Hamil? Oki Setiana Dewi: Ricis Akan Umumkan Sendiri

"Ada kritik sedikit Pak JA, ada Kajati yang dalam rapat dan dalam raker itu ngomong pakai bahasa Sunda, ganti Pak itu," ujarnya.

Politisi PDIP tersebut, mengatakan bahwa seharusnya seorang Kajati itu menggunakan bahasa Indonesia.

"Kita ini Indonesia pak, jadi orang takut kalau ngomong pakai bahasa Sunda nanti orang takut ngomong apa dan sebagainya," tegasnya.

Pernyataan dan permintaan Arteria Dahlan yang tak masuk akal itu pun mengundang kemarahan publik yang a ramai-ramai mengecam pernyataannya.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x