Ngeri! Tsunami dan Gempa Besar Diprediksi Terjadi di Jabar, Ini Penjelasan Resmi BMKG

- 18 Januari 2022, 17:19 WIB
Ilustrasi tsunami
Ilustrasi tsunami /

GALAMEDIA - Masyarakat dibuat heboh dengan kabar yang menyebutkan akan terjadi gempa dan tsunami besar di Jabar.

Isu gempa dan tsunami besar di Jabar ini dikabarkan sebagai rentetan gempa Banten berkekuatan 6,6 magnitudo beberapa waktu lalu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung langsung memberikan klarifikasi mengenai isu gempa dan tsunami besar yang akan terjadi di Jabar.

Baca Juga: 'Nyanyian' Giring Kian Nyaring Usai Anies Tampilkan Nidji di JIS: 2024 Indonesia Tidak Masuk Jurang

Sebab isu tersebut bisa membuat masyarakat panik.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu memastikan kabar tersebut palsu alias hoaks.

Rahayu menegaskan hingga sekarang gempa bumi belum dapat diprediksi secara pasti, kapan, dimana serta berapa besar kekuatannya. Sehingga mustahil bisa meramalkan kekuatan gempa susulan yang akan terjadi.

"Untuk informasi dari pesan suara yang saat ini beredar yang menyatakan akan ada gempa susulan berkekuatan besar dan menimbulkan tsunami di Palabuhan Ratu merupakan berita bohong (hoaks) yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang menginginkan keresahan di masyarakat," paparnya, dikutip Galamedia dari laman BMKG, Selasa 18 Januari 2022.

Baca Juga: NONTON PERSIB vs BORNEO FC, Link Live Streaming Indosiar Gratis BRI Liga 1 Malam Ini Pukul 18.15 WIB

Lebih lanjut Rahayu pun  mengimbau masyarakat di pesisir pantai selatan Jawa Barat umumnya untuk tidak mempercayai hoaks mengenai gempa besar dan tsunami.

"Diimbau untuk tidak mempercayai berita bohong tersebut. Pastikan informasi gempa dan peringatan dini tsunami bersumber resmi dari BMKG," pungkasnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x