Risma Pastikan Jutaan Kelompok Rentan Terima Bansos 2022, Peran Pendamping Sosial Bakal Dioptimalkan

- 19 Januari 2022, 11:51 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma./dok.Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma./dok.Kemensos /

GALAMEDIA - Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan jutaan kelompok rentan bakal menerima bantuan sosial (bansos) di tahun 2022.

Kementerian Sosial akan lebih memberikan perhatian kepada masyarakat yang mengalami masalah sosial.

Anggaran Kemensos akan dioptimalkan untuk membantu kelompok rentan seperti lansia, penyandang disabilitas dan masyarakat yang tinggal di kawasan 3T.

Mensos yang akrab disapa Risma itu menerangkan, pihaknya telah melakukan restrukturisasi organisasi dengan meniadakan beberapa jabatan setingkat eselon I dan II.

Dari kebijakan ini, maka anggaran yang semula untuk tunjangan dan fasilitas pejabat, bisa dioptimalkan untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko ‘Ceramahi’ Arteria Dahlan Buntut Minta Pecat Kajati Karena Bahasa Sunda

"Di berbagai daerah ada masyarakat kita yang tinggal di daerah rawa. Kemensos akan membantu bagaimana mereka meningkatkan ekonominya. Seperti di Kabupaten Agats Papua, Kemensos membantu dengan peternakan ayam petelur dan mendirikan koperasi," papar Mensos dalam keterangan resminya yang diterima redaksi, Rabu, 19 Januari 2022.

Mantan Wali Kota Surabaya ini juga mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi kelompok rentan seperti lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas.

"Ada jutaan lansia dan penyandang disabilitas yang hidup dengan dan atau tanpa keluarga. Mereka mengalami berbagai masalah dan untuk itu membutuhkan penanganan lebih intensif," tuturnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x