Efek Samping dari Vaksin Covid-19, Kenali Placebo dan Nocebo, Cuman Sugesti?

- 21 Januari 2022, 16:49 WIB
Foto Ilustrasi/pixabay.com
Foto Ilustrasi/pixabay.com /

GALAMEDIA -  Vaksin Covid-19 nyatanya memiliki sejumlah efek samping yang dikhawatirkan publik. Data terbaru dari meta-analisis komprehensif menunjukkan bahwa tidak ada yang perlu ditakuti.

Studi dari Beth Isreal Deaconess Medical Center menemukan bahwa sejumlah besar efek samping vaksin Covid-19 yang dilaporkan oleh pasien setelah menerima suntikan dapat dikaitkan dengan efek placebo.

Para peneliti memeriksa 12 uji coba keamanan vaksin, termasuk laporan efek samping dari 22.578 penerima plasebo dan 22.802 penerima vaksin.

Baca Juga: Rocker Legendaris Meat Loaf Meninggal di Usia 74 Tahun, Bat Out of Hell Album Terlaris Sepanjang Masa

Setelah itu, membandingkan tingkat efek samping yang dilaporkan antara mereka yang menerima suntikan placebo dan mereka yang menerima suntikan nyata.

Hasilnya Ada Efek Placebo dan Nocebo, Apa itu?

Melansir dari abcnews, mereka menemukan bahwa setelah suntikan pertama, dua pertiga orang mengalami efek samping seperti sakit kepala dan kelelahan, yang menurut para peneliti disebabkan oleh efek plasebo.

Yang mengejutkan, hampir seperempat orang dan beberapa yang menerima suntikan plasebo - mengalami efek samping seperti lengan yang sakit, juga disebabkan oleh efek plasebo.

Baca Juga: Karyawan Baru Wajib Tahu! Ini 5 Etika yang Wajib Diterapkan Saat Mengirim Pesan pada Atasan

Efek plasebo terjadi ketika orang mengantisipasi perawatan medis akan memiliki efek tertentu, sedemikian rupa sehingga mereka merasakan hasil yang mereka harapkan setelah perawatan. Sederhananya, efek placebo merupakan efek positif.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x