Berdayakan Perempuan, BRI Jadikan Kelompok Wanita Tani Hidroponik Percontohan di Bali

- 23 Januari 2022, 12:53 WIB
Bank Rakyat Indonesia ambil bagian mewujudkan perempuan berdikari, melalui Bantuan Pemberdayaan Kelompok Perempuan.
Bank Rakyat Indonesia ambil bagian mewujudkan perempuan berdikari, melalui Bantuan Pemberdayaan Kelompok Perempuan. /BRI/


GALAMEDIA – Pemberdayaan menjadi kunci mengangkat peran perempuan agar mampu berkarya dan berdikari.

Keterlibatan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan memiliki banyak fungsi. seperti mencapai kesetaraan dalam segala bidang serta meningkatkan kapasitas perempuan.

Yaitu untuk memperoleh akses terhadap sumber daya dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi perempuan, sehingga perempuan tersebut dapat lebih baik dalam bidang ekonomi, sosial, politik dan budaya.

Bukti nyata yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia yang ikut ambil bagian mewujudkan perempuan berdikari, melalui Bantuan Pemberdayaan Kelompok Perempuan. Bantuan program berupa pemberian pelatihan dan peralatan usaha bagi Komunitas Perempuan di satu wilayah.

Baca Juga: Diisukan Cerai, Priyanka Chopra dan Nick Jonas Tepis Kabar dengan Putri Pertama dari Surogasi

Salah satu bukti nyata bantuan pemberdayaan kelompok perempuan BRI adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Pala yang berlokasi di Jalan Ratna, Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

KWT ini mendulang juara pertama program Bantuan Pemberdayaan Kelompok Perempuan BRI yang diikuti 18 KWT lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Andriana, pendamping KWT Kota Pala, menceritakan bahwa KWT Kota Pala berdiri resmi pada 2019 dan fokus pada pemenuhan ketahanan pangan. Keterbatasan lahan di Desa Dajan Peken juga jadi pertimbangan.

“Walaupun hidup di lingkungan urban dengan daerah perkotaan yang sudah padat dengan bangunan dan penduduk tapi kita tetap bisa bertani. Saya menginisiasi Hidroponik supaya ibu-ibu di sini walaupun tidak punya lahan dan nggak punya halaman, namun tetap dapat bisa bercocok tanam,” kata Andriana.

Baca Juga: Priyanka Chopra dan Nick Jonas Dikaruniai Seorang Putri dari Ibu Pengganti, Lahir Prematur

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x