Tanam Ribuan Pohon di DAS Citarum, Ono Surono: Peduli Lingkungan Simbol Peradaban Bangsa

- 23 Januari 2022, 18:03 WIB
Tanam Ribuan Pohon di DAS Citarum, Ono Surono: Peduli Lingkungan Simbol Peradaban Bangsa.
Tanam Ribuan Pohon di DAS Citarum, Ono Surono: Peduli Lingkungan Simbol Peradaban Bangsa. /

GALAMEDIA - DPD PDI Perjuangan Jawa Barat melakukan penanaman ribuan pohon di Desa Jonggol (Jembatan Cipamingkis) Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Minggu, 23 Januari 2022.

Kegiatan penanaman pohon ini digelar serentak se-Indonesia dalam rangka menyambut HUT Ke-49 PDI Perjuangan yang bertemakan "Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya" serta peringatan hari lahir Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. DR. (HC.) Hj. Megawati Soekarnoputri yang jatuh pada tanggal 23 Januari.

"Sebagai bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap alam dan lingkungan, sejak beberapa tahun terakhir perayaan ulang tahun PDI Perjuangan dan ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri diperingati dengan menanam pohon. Manfaat pohon sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia dan makhluk Iainnya," ungkap Ketua DPD PDI-Perjuangan Jabar, Ono Surono disela-sela kegiatan.

Pada peringatan HUT ke-49, PDI Perjuangan Jawa Barat dengan melibatkan masyarakat setempat menanam 120 ribu pohon di sejumlah lokasi di seluruh tatar pasundan.

Baca Juga: Megawati Berulang Tahun ke-75, Eks Sekjen PDIP Ungkap Putri Bung Karno Itu Pernah Marah Besar di Masa SBY

Di kawasan Jonggol, PDI Perjuangan menanam 2000 pohon buah-buahan seperti mangga, rambutan, nangka dan jambu.

Ia berharap ratusan ribu pohon yang ditanam tersebut, dapat membantu gerakan penghijauan dan mencegah bencana alam, seperti tanah longsor, erosi, banjir. Selain itu, membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah serta dapat menyimpan persediaan air tanah agar memiliki persediaan saat musim kemarau tiba

Dikatakannya sumber daya hutan dan lahan sebagai bagian dari sumber daya alam mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menjaga kelestarian ekosistem dalam menyangga kehidupan.

Baca Juga: Raja Salman Dikabarkan Meninggal Dunia, KJRI Jeddah: Yang Meninggal Bukan Raja Salman

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x