6 Negara dengan Kasus Omicron Terbanyak di Dunia, WASPADA! Salah Satunya Dekat Indonesia

- 23 Januari 2022, 22:16 WIB
Pelaku perjlanan luar negeri merupakan pemicu utama timbulnya positif Omicron di Indonesia
Pelaku perjlanan luar negeri merupakan pemicu utama timbulnya positif Omicron di Indonesia /maghfur/antarafoto

GALAMEDIA - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan, penularan Covid-19 varian Omicron meluas hingga ke 150 negara di dunia yang terdeteksi melebihi 500 ribu knasus.

Dikatakannya, dari 10 besar negara kasus Omicron tertinggi, 6 diantaranya menjadi yang terbanyak karena kisaran kasusnya di angka 3 ribu - 160 ribu. 

Keenamnya ialah Italia, Australia, Perancis, Kanada, Inggris dan Amerika Serikat.

Menurutnya, Indonesia harus melakukan upaya maksimal agar kasus nasional terus terkendali dengan penguatan pintu masuk negara dan mengendalikan transmisi lokal. 

Baca Juga: Seorang Anak Meninggal Usai Divaksin Covid-19, Dinkes Garut Ungkap Sempat Masuk Puskesmas Muntah-muntah

"Secara umum, keenam negara tersebut menunjukkan kenaikan kasus positif yang cukup signifikan dengan diikuti sedikit kenaikan pada kematian dan kebutuhan perawatan rumah sakit," Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 yang dikutip Galamedia dari laman menpan.go.id, Minggu 23 Januari 2022.

Lebih rincinya pada keenam negara tersebut, peningkatan kasus positif terjadi cukup signifikan. Yaitu Italia kasusnya naik 122 kali lipat menjadi 1,3 juta kasus per minggu.

Diikuti Australia kasusnya naik 62 kali lipat menjadi 760.000 kasus per minggu, Prancis naik 43 kali lipat menjadi 2.000.000 kasus per minggu, Kanada naik 18 kali lipat menjadi 320.000 kasus per minggu, Amerika Serikat naik 11 kali lipat menjadi 5,63 juta per minggu dan yang terakhir Inggris naik 2 kali lipat menjadi 700.000 kasus per minggu.

Baca Juga: Haikal Hassan Diusir Warga Malang, Muannas Alaidid Peringatkan Habib Rizieq Cs: Jangan Rusak Kedamaian

Kenaikan signifikan ini, ternyata diikuti kenaikan kebutuhan perawatan rumah sakit. di mana proporsi kebutuhan perawatan paling tinggi di Kanada sebesar 3,14% dari total kasus mingguannya atau 10 ribu kasus dirawat di rumah sakit, Inggris 2,84% dari total kasus mingguannya yaitu 20 ribu kasus, Amerika Serikat 2,6% dari total kasus mingguan atau 151.000 orang dirawat di rumah sakit.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x