Di Cimayari, Subang : 40 Rumah Rusak Berat Disapu Angin Puting Beliung

- 24 Januari 2022, 17:19 WIB
Salah satu bangunan, SDN Utamajaya yang terdampak terjangan angin puting beliung hingga rubuh bagian atap yang baru selesai pada bulan Desember 2021.
Salah satu bangunan, SDN Utamajaya yang terdampak terjangan angin puting beliung hingga rubuh bagian atap yang baru selesai pada bulan Desember 2021. /Dally Kardilan/Galamedia/

GALAMEDIA - Angin puting beliung  menerjang Desa Cimayasari, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten  Subang merusak ratusan rumah, 40 di antaranya mengalami rusak berat. pada Minggu (23/1/2022) menjelang Magrib.

Termasuk satu Sekolah Dasar Negeri Utama Jaya yang sedang dalam penyelesaian. ambruk atap baja ringannya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang, Udin Jazudin mengatakan, selain rumah dan bangunan sekolah, angin puting beliung menumbangkan sejumlah pohon.

Baca Juga: Edy Mulyadi Dinilai Rasis, Tokoh Adat Dayak Ancam Kirim Mandau Terbang jika Tidak Disikapi oleh Mabes Polri

"Tim kita bersama TNI Polri, termasuk dari URC Puskesmas Cipeundeuy dibantu masyarakat  melakukan pemberisihan puing dan memperbaiki atap bangunan yang diterjang angin. Kalau yang rusak berat mencapai 40 bangunan, termasuk 1 sekolah dasar. Sedangkan yang terdampak mencapai lebih dari 300 rumah, " kata Udin Jazudin di lokasi kejadian, Senin 24 Januari 2022.

Terkait sekolah yang ambruk atapnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang, Tatang Komara langsung memerintahkan Kabid SD Ano Suyatno mengecek kondisi SD Negeri Utama Jaya yang baru selesai direnovasi pada  Desember 2021.

"Akibat kejadian ini kerugian mencapai 85 juta," kata Ano.

Baca Juga: Mengerikan, Internet Menyumbang Emisi Gas Rumah Kaca Global

Namun demikian, pekerjaan rehabilitasi yang didanai dari  APBD Subang hasil Musrenbang tersebut belum tuntas dan baru atap saja. Sehingga  masih dalam masa pemeliharaan dari rekanan.

"Jadi mereka siap memperbaiki lagi. Nah yangg terdampak dari ruangan itu nanti diusulkan pada anggaran  tak terduga. Soal pembelajaran tetap berjalan dan dialihkan ke SDN sebelah pinjam rombel kebetulan karena ada 2 ruangan yang tidak dipakai,"pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x