Temu Tokoh Budaya Sunda, Ono: Bangun Spirit Kebudayaan

- 2 Februari 2022, 19:52 WIB
Guyub Rakyat dan Tokoh Budaya Jawa Barat- Banten di Sekretariat PDI-Perjuangan Jabar, Kota Bandung, Rabu (2/2/2022).
Guyub Rakyat dan Tokoh Budaya Jawa Barat- Banten di Sekretariat PDI-Perjuangan Jabar, Kota Bandung, Rabu (2/2/2022). /

GALAMEDIA - DPD PDI Perjuangan Jawa Barat bersama Majelis Adat Sunda menginisiasi Guyub Rakyat dan Tokoh Budaya Jawa Barat-Banten atau Gurat Daya Jabar-Banten.

Hal tersebut, bertujuan untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi tokoh kebudayaan di Jabar dalam rangka menghadapi tantangan zaman, sekaligus menangkap keresahan para tokoh Sunda atas fenomena yang terjadi sekarang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono mengatakan, pihaknya mengaku menangkap kegelisahan tersebut dan menginisiasi untuk membuka dialog bersama para tokoh adat dan budaya di Jabar dan Banten.

Lebih jauh, sejalan dengan upaya Majelis Adat Sunda melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan para tokoh adat dan budaya guna membangun kondusifitas di Jabar dan Banten.

"Kegundahan para tokoh adat budaya di Jawa Barat dan Banten mengemuka seiring terjadinya berbagai fenomena penistaan budaya dalam waktu terakhir ini, yang menunjukkan adanya penurunan kualitas praktik berkebudayaan di tengah masyarakat yang ditampilkan para aktor-aktor politik dan kelompok anti toleransi," ungkapnya usai kegiatan di Sekretariat DPD PDI-Perjuangan Jabar, Jln. Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Rabu, 2 Februari 2022.

Baca Juga: Vaksin Booster Berbayar Bagi yang Tak Punya Kartu BPJS, Benarkah? Ini Faktanya

Menurutnya hal tersebut akan menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

"Para tokoh adat dan budaya memiliki peran penting menjaga tatanan kehidupan berbudaya ditengah masyarakat. Dan peran penting ini harus didukung secara serius oleh berbagai pihak, termasuk oleh PDI Perjuangan," jelasnya.

Ono menilai, pertemuan para tokoh adat dan budaya ini sekaligus membuka langkah baru dalam membangun spirit berbudaya di Indonesia yang menjunjung tinggi etika adab, serta memuliakan nilai-nilai luhur dalam kebhinekaan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x